//

PENGARUH INVESTASI DALAM NEGERI DAN JUMLAH UANG BEREDAR TERHADAP PROD UK DOMESTIK BRUTO INDONESIA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang FAJRIZAL FITRA - Personal Name

Abstrak/Catatan

Nama : Fajrizal Fitra NIM : 0501101010015 Jurusan : Ekonomi Pembangunan Judul : Pengaruh Investasi Dalam Negeri dan Jumlah Uang Beredar Terhadap Produk Domestik Bruto Indonesia Pembimbing: Drs. T. Iskandar Ben Hasan, MS Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh jumlah uang beredar dan investasi terhadap Produk Domestik Bruto Indonesia. Penelitian ini dilakukan di Indonesia dengan menggunakan data sekunder periode 1990 sampai tahun 2011 yang bersumber dari Bank Indonesia dan Badan Pusat Statistik. Data dianalisis dengan pendekatan deskriptif dan kuantitatif melalui penyajian dan penyusunan data ke dalam tabel.Penelitian ini menggunakan uji regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan uji-t pada tingkat keyakinan 95 persen diketahui bahwa jumlah uang beredar berpengaruh positif dan signifikan terhadap PDB Indonesia, sedangkan investasi tidak berpengaruh signifikan. Nilai determinasi (R) sebesar 0.9426 memiliki arti bahwa perubahan variabel terikat (perekonomian Indonesia) mampu dijelaskan oleh variabel bebas (jumlah uang beredar dan investasi) sebesar 94,26 persen, sedangkan selebihnya dijelaskan oleh faktor-faktor lain di luar penelitian ini. Peningkatan jumlah uang beredar sebesar Rp I miliar maka akan menaikan PDB Indonesia sebesar Rp 1,82 miliar dengan asumsi faktor lain tetap. Pemerintah diharapakan terus berupaya dalam rangka peoingkatan pertumbuhan ekonomi melalui kebjakan-kebijakan yang mampu menstimulus pembangunan perekonomian seperti peningkatkan pengeluaran pemerintah. Bank Indonesia harus mampu menjaga kondisi moneter lndonesia pada posisi yang mampu menstimulus pertumbuhan ekonomi. Kata kunci: Produk Domestik Bruto, Jumlah Uang Beredar, Investasi

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI INFLASI DI INDONESIA (Mirza Juwanda, 2020)

KAJIAN JUMLAH UANG KUASI DI INDONESIA (ALFIANA, 2020)

PENGARUH PRODUK DOMESTIK BRUTO DAN TINGKAT BUNGA TERHADAP INVESTASI ASING LANGSUNG DI INDONESIA (Rio Malaon Nasution, 2015)

ANALISIS PENGARUH JUMLAH UANG BEREDAR TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI INDONESIA, 1980-2006 (Munawir, 2020)

ANALISIS UTANG LUAR NEGERI DAN PERTUMBUHAN EKONOMI INDONESIA: KAJIAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHINYA (Salawati Ulfa, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy