//

ANALISIS PENGARUH INVESTASI DAN TENAGA KERJA SEKTOR PERTANIANTERHADAPPEMBANGUNANSEKTOR PERTANIAN DI NANGGROE ACEH DARUSSALAM

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Gamal Asikin - Personal Name

Abstrak/Catatan

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh investasi dan tenaga kerja sektor pertanian terhadap pertumbuhan ekonomi di Nanggroe Aceh Darussalam. Ruang lingkup dalam penelitian ini mencakup perkembangan investasi dan tenaga kerja terhadap pertumbuhan ekonomi di Nanggroe Aceh Darussalam. Data yang dikumpulkan diperoleh dari berbagai instansi, seperti, Biro Pusat Statisik (BPS), Nota Keuangan dan Rancangan Anggaran dan Pendapatan Belanja Negara (RAPBN), Sadan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) serta lembaga/ instansi lain yang terkait yang mempunyai relevansi dengan pokok permasalahan yang dibahas. Peralatan analisi yang digunakan dalam penelitian ini adalah peralatan regresi linear berganda. Hasil penelitian menghasilkan persamaan akhir: Y = 63276,84 + 17,218 XI + 4,505 X2. Konstanta sebesar 63.273,84 berarti apabila variabel investasi selctor petanian dan tenaga kerja sektor pertanian diabaikan maka PDRB sektor pertanian hanya sebesar 63.276,84 milyar. Apabila terjadinya kenaikan terhadap investasi sektor partanian I persen maka akan berpengaruh terhadap PDRB sektor pertanian sebesar 17,2 I 8 milyar, dengan asumsi variabel tenaga kerja dianggap tetap. Apabila terjadinya kenaikan terhadap tenaga kerja sektor partanian I persen maka akan berpengaruh terhadap PDRB sektor pertanian sebesar 4,505 milyar, dengan asumsi variabel investasi sektor pertanian dianggap tetap. Koefisien determinan (R) bernilai 0,627 atau 62,7 persen menunjukkan variabel investasi sektor petanian dan tenaga kerja sektor pertanian mempengaruhi variabel PDRB sektor pertanian sebesar 62,7 % sedangkan sisanya 37,3 % dipengaruhi oleh faktor lainnya. Koefisien korelasi (R) sebesar 79,2% menggambarkan bahwa variabel investasi sektor petanian dan tenaga kerja sektor pertanian sangat erat hubungannya terhadap variabel PDRB sektor pertanian sebesar 79,2 %.Diharapakan di masa yang akan datang perkembangan investasi sektor pertanian dapat ditingkatkan hal ini mengingat sektor tersebut mampu memberikan sumbangan yang relatif besar terhadap PDRB dan terbukti mampu bertahan pada masa krisis. Kemudian juga diharapakan supaya tenaga kerja disektor pertanian dimasa yang akan datang d.pat ditingkatkan dengan harapan adanya kebijakan investasi yang dilakukan oleh peme:int..i di sektor pertanian.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

DAMPAK INVESTASI TERHADAP PDRB DAN PASAR TENAGA KERJA DI SEKTOR PERTANIAN PROVINSI ACEH (M. FADEL SYAHRI, 2020)

ANALISIS PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA SEKTOR PERTANIAN DI PROVINSI NANGGROE ACED DARUSSALAM (NURYANA, 2020)

PENGARUH JUMLAH TENAGA KERJA, EKSPOR, INVESTASI DAN KREDIT PERBANKAN SEKTOR PERTANIAN TERHADAP PRODUK DOMESTIK REGIONAL BRUTO (PDRB)RN SEKTOR PERTANIAN PROVINSI ACEH (ANITA FAIZIAH, 2014)

PENGARUH KESEMPATAN KERJA SEKTOR PERTANIAN TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI PROVINS! NANGGROE ACEH DARUSSALAM (Dedi Sahputra, 2021)

PENGARUH INVESTASI DAN TENAGA KERJA TERHADAP PERKEMBANGAN EKONOMI NANGGROE ACEH DARUSSALAM (Cut Fitriani, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy