STRATEGI BERTAHAN HIDUP RUMAH TANGGA DALAM PERSEPSI PETANI PADI MISKIN DI KECAMATAN SIMPANG TIGA KABUPATEN PIDIE | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

STRATEGI BERTAHAN HIDUP RUMAH TANGGA DALAM PERSEPSI PETANI PADI MISKIN DI KECAMATAN SIMPANG TIGA KABUPATEN PIDIE


Pengarang

NANDA KARIZA MAWARDINUR - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0605102010034

Fakultas & Prodi

Fakultas Pertanian / Agribisnis (S1) / PDDIKTI : 54201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2021

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Nanda Kariza Mawardinur, dengan judul Skripsi "Strategi Bertahan Hidup Rumah Tangga Dalam Persepsi Petani Padi di Kecamatan Simpang Tiga Kabupaten Pidie di bawah bimbingan Bapak Dr. Ir. Agussabti, M.Si selaku Pembimbing Utama dan ibu Zakiah, Sp, M.Si selaku Pembimbing kedua.
Identifikasi masalah dalam penelitian ini adalah: Strategi Bertahan Hidup Rumah Tangga Dalam Persepsi Petani Padi di Kecamatan Simpang Tiga Kabupaten Pidie dan faktor-faktor yang Mempengaruhi Rumah Tangga Petani Padi Melakukan Strategi Bertahan Hidup di Kecamatan Simpang Tiga Kabupaten Pidie.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Bertahan Hidup Rumah Tangga Dalam Persepsi Petani Padi di Kecamatan Simpang Tiga Kabupaten Pidie dan Mengetahui Faktor-faktor yang Mendorong Terjadinya Strategi Bertahan Hidup pada Rumah Tangga Petani Padi di Kecamatan Simpang Tiga Kabupaten Pidie.
Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Simpang Tiga Kabupaten Pidie dengan metode Survey, penentuan lokasi penelitian dilakukan secara sengaja (purposive Sampling) dengan objek penelitian adalah petani padi miskin. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara Cluster Sampling, sampel yang diambil sebanyak 15 persen dari jumlah populasi ditiap-tiap desa penelitian.
Dari hasil penelitian menjelaskan strategi berhemat dilakukan dengan cara mengurangi jumlah pengeluaran, strategi berhutang dilakukan pada saat krisis dan Rumah Tangga Petani Padi meminjamnya pada tetangga, warung dan kios. Strategi serabutan dilakukan untuk menambah pendapatan keluarga, sehingga dapat memenuhi kebutuhan keluarga petani, strategi menabung dilakukan para petani yaitu dengan menyisihkan sedikit pendapatannya yang didapat untuk persiapan di waktu mendesak . Strategi bantuan petani lakukan agar kebutuhan keluarganya dapat tepenuhi untuk memperbaiki standar hidup yaitu dengan diberikannya Raskin (beras miskin), BLT (bantuan langsung tunai) dan program kesehatan berupa Jamkesmas.
Faktor-faktor yang mendorong terjadinya strategi bertahan hidup pada Rumah Tangga Dalam Persepsi Petani Padi di Kecamatan Simpang Tiga Kabupaten Pidie adalah adanya faktor internal yaitu tanaman produksi bersifat musiman, yang membuat petani harus memikirkan pekerjaan lain untuk menambah pendapatannya. Selanjutnya terbatasnya lapangan pekerjaan dan rendahnya pendapatan, yaitu petani selain mengandalkan pendapatannya dari usahatani padi, mereka juga mencari pekerjaan serabutan karena mengingat tingkat pendidikan mereka yang rendah. Pengeluaran untuk kebutuhan yaitu semakin besar jumlah tanggungan maka semakin besar jumlah pengeluaran. sehingga petani melakukan penghematan agar pengeluaran mereka tidak terlalu banyak. Selanjutnya faktor eksternal yaitu dukungan keluarga yang memberikan bantuan pada petani disaat kondisi mereka krisis dan tidak tahu harus meminjam kepada siapa. Dukungan tetangga yaitu tempat petani meminta pertolongan terdekat apabila mereka membutuhkan bantuan. seperti meminjam uang dan bantuan sosial lainnya.








Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK