//

PENGARUH BANTUAN LANGSUNG TUNAI TERHADAP KONSUMSI DAN PENDAPATAN MASYARAKAT MISKIN DI KECAMATAN SYIAH KUALA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang DEVI YANTI (EXT) - Personal Name

Abstrak/Catatan

Sehubungan dengan Program Pemerintah daJam menyalurkan Bantuan Langsung Tunai kepada masyarakat miskin di Indonesia, maka penu.lis mencoba melakukan penelitian penyaluran dana BLT terhadap konsumsi dan pendapatan masyarakat miskin di Kecamatan Syiah Kuala Banda Aceh. Sesuai dengan masalah yang akan dibahas, maka penelitian ini dilakukan di Kecamatan Syiah Kuala khususnya yang mendapatkan bantuan Dana BLT. Pemilihan rumah tangga sampel, untuk menjadi responden dari populasi yang ada, ditentukan dengan menggunakan metode "Complete Sensus". Dengan demikian setiap rumah tangga yang terdapat di dalam populasi mempunyai kesempatan yang sama untuk dipilih menjadi rumah tangga responden. Jumlah masyarakat yang mendapatkan bantuan BLT di kecamatan tersebut sebanyak 35 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendapatan masyarakat setelah menerima Bantuan Langsung Tunai di Kecamatan Syiah Kuala relatif mengalami peningkatan daya beli daJam konsumsi. Dana BLT yang digu.nakan langsung untuk konsumsi 65,7 persen dan yang menggunakan untuk modal usaha 34,3 persen. Tanggapan masyarakat bahwa dana bantuan langsung tunai relatif bermanfaat karena dapat meningkatkan pendapatan. Di sisi lain dana bantuan BLT yang dipergunakan untuk usaha hanya 5.7 persen saja yang meningkat dan peningkatan pendapatan yang terjadi hanya sedikit. Hubungan konsumsi dan Pendapatan setelah adanya dana Bantuan Langsung Tunai kecendrungan mengkonsumsi marjinal rata-rata dari 35 responden, MPC adalah 0,76, yang berarti bahwa 76 sen dari setiap tambahan atas pendapatan akan dikonsumsikan. Maka kecendrungan menabung marjinal rata-rata dari 35 responden, MPS adalah 0,24, yang berarti bahwa 24 sen dari setiap adanya tambahan atas pendapatan akan ditabung.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS SUMBER PENDAPATAN PADA KELUARGA MISKIN DI KECAMATAN SYIAH KUALA KOTA BANDA ACER (Eka Saputra, 2021)

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGELUARAN KONSUMSI KESEHATAN RUMAH TANGGA MASYARAKAT MISKIN DI KABUPATEN BIREUEN (Etavianti, 2014)

ANALISIS DETERMINAN PENGELUARAN KONSUMSI RUMAH TANGGA MASYARAKAT MISKIN DI KOTA BANDA ACEH (Yassir Achmad, 2016)

KONSUMSI GAS MASYARAKAT MISKIN DI KOTA BANDA ACEH (Muhammad Dian Ambia, 2018)

PENGARUH KEMISKINAN TERHADAP KONSUMSI PROTEIN PENDUDUK DI PROVINSI ACEH (AGUSTINA INDAH PUTRI, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy