PENGELUARAN PEMERINTAH TERHADAP PENANGGULANGAN KEMISKINAN DI INDONESIA | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PENGELUARAN PEMERINTAH TERHADAP PENANGGULANGAN KEMISKINAN DI INDONESIA


Pengarang

Subhan - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0401101010045

Fakultas & Prodi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis / Ekonomi Pembangunan (S1) / PDDIKTI : 60201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2021

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan pengeluaran pemerintah terhadap penanggulangan kemiskinan di Indonesia. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan data sekunder periode 1998-2009 yang bersumber dari Badan Pusat Statistik:. Data dianalisis dengan pendekatan deskriptif dan kuantitatif melalui penyajian dan penyusunan data ke dalam tabel.
Pengujian penelitian ini menggunakan model regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengeluaran pemerintah berhubungan negatif dan signifikan terhadap jumlah penduduk miskin di Indonesia dengan tingkat keyakinan 95 persen (? =0,05). Ini berarti bahwa peningkatan pengeluaran pemerintah akan mengurangi jumlah penduduk miskin di Indonesia. Koefisien regresi untuk pengeluaran pemerintah (?1) adalah -1,164E-8, artinya setiap bertambahnya pengeluaran pemerintah sebesar Rp 100.000.000.000 maka jumlah penduduk miskin akan berkurang sebesar 1.164 jiwa. Model hubungan pengeluaran pemerintah dengan kemiskinan adalah sebagai berikut; Np = 44554334,23 - 1,164E-8Ge
Oleh sebab itu, kepada pemerintah diharapkan lebih mampu menciptakan program-program pengentasan kemiskinan yang lebih efektif dan efisien sehingga dapat mengurangi jumlah penduduk miskin yang lebih cepat. Masyarakat miskin diharapkan dapat memanfaatkan program-program yang diadakan pemerintah untuk peningkatan kesejahteraan hidup.






Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK