//

PENGELUARAN PEMERINTAH TERHADAP PENANGGULANGAN KEMISKINAN DI INDONESIA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Subhan - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan pengeluaran pemerintah terhadap penanggulangan kemiskinan di Indonesia. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan data sekunder periode 1998-2009 yang bersumber dari Badan Pusat Statistik:. Data dianalisis dengan pendekatan deskriptif dan kuantitatif melalui penyajian dan penyusunan data ke dalam tabel. Pengujian penelitian ini menggunakan model regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengeluaran pemerintah berhubungan negatif dan signifikan terhadap jumlah penduduk miskin di Indonesia dengan tingkat keyakinan 95 persen (α =0,05). Ini berarti bahwa peningkatan pengeluaran pemerintah akan mengurangi jumlah penduduk miskin di Indonesia. Koefisien regresi untuk pengeluaran pemerintah (β1) adalah -1,164E-8, artinya setiap bertambahnya pengeluaran pemerintah sebesar Rp 100.000.000.000 maka jumlah penduduk miskin akan berkurang sebesar 1.164 jiwa. Model hubungan pengeluaran pemerintah dengan kemiskinan adalah sebagai berikut; Np = 44554334,23 - 1,164E-8Ge Oleh sebab itu, kepada pemerintah diharapkan lebih mampu menciptakan program-program pengentasan kemiskinan yang lebih efektif dan efisien sehingga dapat mengurangi jumlah penduduk miskin yang lebih cepat. Masyarakat miskin diharapkan dapat memanfaatkan program-program yang diadakan pemerintah untuk peningkatan kesejahteraan hidup.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS PENGARUH PENANAMAN MODAL ASING DAN PENGELURAN PEMERINTAH TERHADAP IPM DAN KEMISKINAN (Hafiz Yazid Sitorus, 2014)

PENGARUH PENGELUARAN PEMERINTAH UNTUK PENDIDIKAN DAN KESEHATAN TERHADAP KEMISKINAN INDONESIA (Zulfani, 2021)

PENGARUH PROGRAM NASIONAL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MANDIRI PERDESAAN DAN BANTUAN KEUANGAN PEUMAKMUE GAMPONG TERHADAP PENANGGULANGAN KEMISKINAN DI PROVINSI ACEH (Sayed Syahril, 2017)

PENGARUH PENGELUARAN PEMERINTAH BIDANG KESEHATAN, KEMISKINAN DAN TENAGA KESEHATAN TERHADAP DERAJAT KESEHATAN MASYARAKAT ACEH (Irma Chalista, 2014)

ANALISIS PENGARUH INVESTASI SEKTOR PUBLIK DAN PEMBANGUNAN MANUSIA TERHADAP TINGKAT KEMISKINAN DI PROVINSI NANGGROE ACEH DARUSSALAM (Muhammad Heikal, 2021)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy