ANALISIS PENDAPATAN PADA USAHATANI PADI SAWAH DI KABUPATEN PIDIE | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

ANALISIS PENDAPATAN PADA USAHATANI PADI SAWAH DI KABUPATEN PIDIE


Pengarang

Fitriani - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0011114376

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2021

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Sektor pertanian yang merupakan sektor yang paling banyak menyerap tenaga kerja, akan tetapi ironisnya banyak tenaga kerja di sektor ini yang tidak mendapatkan pendapatan yang layak. Oleh karena itu, penulis berkeinginan untuk meneliti tentang pengaruh profit (keuntungan) terhadap pendapatan petani pada usahatani padi sawah di Kabupaten Pidie. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pendapatan petani pada usahatani padi sawah di Kabupaten Pidie.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan data primer yang diperoleh dari hasil penelitian lapangan pada lokasi yang telah ditentukan, yaitu Kecamatan Titeu Keumala, Mila dan Indra Jaya. Data dianalisis dengan menggunakan persamaan regresi sederhana, dari hasil pengolahan data dengan menggunakan program SPSS
diperoleh persamaan sebagai berikut: Y = 15.059 + 0.938
Nilai konstanta adalah sebesar 15.059 dan koefisien regresi II (profit) adalah sebesar 0.938. Koefisien Korelasi (R) sebesar 0,925, yang berarti adanya hubungan antar variabel bebas (profit) terhadap pendapatan petani pada usahatani padi sawah di Kabupaten Pidie, koefisien determinasi yang (R2) diperoleh 0.856, berarti profit (keuntungan) mempengaruhi pendapatan petani pada usahatani padi sawah di Kabupaten Pidie sebesar 85.60 persen, sedangkan selebihnya sebesar 14,40 persen dipengaruhi oleh faktor diluar penelitian ini.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa sarana dan prasarana yang tersedia seperti irigasi, jalan dan tempat pemasaran hasil panen masih kurang memadai. Oleh karena itu diharapkan pihak Pemda Kabupaten Pidie untuk lebih memperhatikan masalah sarana dan prasarana tersebut demi meningkatnya pendapatan petani.



Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK