//

ANALISIS PENDAPATAN PADA USAHATANI PADI SAWAH DI KABUPATEN PIDIE

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Fitriani - Personal Name

Abstrak/Catatan

Sektor pertanian yang merupakan sektor yang paling banyak menyerap tenaga kerja, akan tetapi ironisnya banyak tenaga kerja di sektor ini yang tidak mendapatkan pendapatan yang layak. Oleh karena itu, penulis berkeinginan untuk meneliti tentang pengaruh profit (keuntungan) terhadap pendapatan petani pada usahatani padi sawah di Kabupaten Pidie. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pendapatan petani pada usahatani padi sawah di Kabupaten Pidie. Dalam penelitian ini penulis menggunakan data primer yang diperoleh dari hasil penelitian lapangan pada lokasi yang telah ditentukan, yaitu Kecamatan Titeu Keumala, Mila dan Indra Jaya. Data dianalisis dengan menggunakan persamaan regresi sederhana, dari hasil pengolahan data dengan menggunakan program SPSS diperoleh persamaan sebagai berikut: Y = 15.059 + 0.938 Nilai konstanta adalah sebesar 15.059 dan koefisien regresi II (profit) adalah sebesar 0.938. Koefisien Korelasi (R) sebesar 0,925, yang berarti adanya hubungan antar variabel bebas (profit) terhadap pendapatan petani pada usahatani padi sawah di Kabupaten Pidie, koefisien determinasi yang (R2) diperoleh 0.856, berarti profit (keuntungan) mempengaruhi pendapatan petani pada usahatani padi sawah di Kabupaten Pidie sebesar 85.60 persen, sedangkan selebihnya sebesar 14,40 persen dipengaruhi oleh faktor diluar penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa sarana dan prasarana yang tersedia seperti irigasi, jalan dan tempat pemasaran hasil panen masih kurang memadai. Oleh karena itu diharapkan pihak Pemda Kabupaten Pidie untuk lebih memperhatikan masalah sarana dan prasarana tersebut demi meningkatnya pendapatan petani.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KONTRIBUSI PENDAPATAN USAHATANI PADI SAWAH TERHADAP PENDAPATAN KELUARGA DI KECAMATAN INGIN JAYA KECAMATAN KABUPATEN ACEH BESAR (Desi Afrina, 2020)

EFEKTIVITAS PENYULUHAN PERTANIAN TERHADAP PENDAPATAN USAHATANI PADI SAWAH DI KECAMATAN INDRAPURI KABUPATEN ACEH BESAR (AFRINAWATI, 2016)

ANALISIS KOMPARATIF PRODUKSI DAN PENDAPATAN USAHATANI PADI SAWAH PADA LAHAN BERIGASI TEKNIS DAN SETENGAH TEKNIS DI DESA SANGGET KECAMATAN GEULUMPANG BARO KABUPATEN PIDIE (Siswardi, 2020)

ANALISIS PERBANDINGAN PRODUKSI DAN PENDAPATAN USAHATANI PADI SAWAH SEMI ORGANIK DAN NON ORGANIK DI DESA SEUMEUREUNG KECAMATAN SUKAMAKMUR KABUPATEN ACEH BESAR (Suci Savira, 2021)

ANALISIS PERBANDINGAN PRODUKTIVITAS DAN PENDAPATAN PETANI PADI SAWAH SISTEM KONVENSIONAL DENGAN SISTEM JAJAR LEGOWO DI GAMPONG RHING BLANG KECAMATAN MEUREUDU KABUPATEN PIDIE JAYA (Miranda Rosiva, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy