//

PENGARUH MODAL DAN TENAGA KERJA TERHADAP PENDAPATAN PETANI PADI SAWAH (SAUDI KASUS DI KECAMATAN MONTASIK KABUPATEN ACEH BESAR)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Tasnim - Personal Name

Abstrak/Catatan

Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat dan menganalisis pengaruh faktor modal dan tenaga kerja terhadap pendapatan petani padi suawah di Kecamatan Montasik Kabupaten Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan data primer melalui pengamatan dan wawancara langsung serta data sekunder yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam, serta literatur-literatur yang berhubungan dcngan penelitian ini. Data dianalisis secara kualitatif dengan menggunakan konsep-konsep teoritis dan secara kuantitatif dengan peralatan statistik menggunakan SPSS version. 12.00, melalui konsep t-test dan F-test. Hasil penelitian dapat dilihat pada persamaan berikut: Y = -1557961,0 + 2,196 Mo + 311211,3 Tk. Koefisien korelasi adalah sebesar 80,90 persen, sedangkan koefisien determinasi (R2) sebesar 65,40 persen, berarti variabel bebas mempengaruhi pendapatan petani padi sawah di Kecamatan montasik sebesar 65,40 persen. Uji statistik secara parsial menunjukkan bahwa nilai t-test > t-tabel, yang berarti bahwa veriabel bebas mempengaruhi secara signifikan terhadap variabel terikat. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan tenaga kerja sudah mencukupi akan tetapi ketersediaan modal petani untk melakukan usahataninya masih kurang. Oleh karena itu diharapkan pihak Pemerintah Daerah Kabupaten Aceh Besar dan pihak terkait untuk membantu dan lebih memperhatikan masalah petani tersebut demi meningkatnya hasil produksi dan pendapatan petani di Kecamatan Montasik Kabupten Aceh Besar.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH BIAYA FAKTOR PRODUKSI DAN TENAGA KERJA TERHADAP PENDAPATAN USAHA TANI PADI SAWAH DI KECAMATAN MONTASIK KABUPATEN ACEH BESAR (T.MAHLIL, 2020)

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PRODUKSI DAN KELAYAKAN USAHATANI PADI SAWAH DI KECAMATAN MONTASIK KABUPATEN ACEH BESAR (Syarmila Hayati, 2015)

EFISIENSI PENGGUNAAN FAKTOR PRODUKSI MODAL DAN TENAGA KERJA PADA USAHATANI PADI SAWAH DI KECAMATAN INGIN JAYA KABUPATEN ACEH BESAR (Cut Al Riskika Putri, 2020)

PENGARUH MODAL DAN TENAGA KERJA TERHADAP PENDAPATAN PETANI PADI SAWAH (SAUDI KASUS DI KECAMATAN MONTASIK KABUPATEN ACEH BESAR) (Tasnim, 2021)

ANALISIS DISTRIBUSI PENDAPATAN PETANI PADI KABUPATEN ACEH BESAR (STUDI KASUS DI KECAMATAN DARUL IMARAH & KECAMATAN INGIN JAYA) (Mutia Sari, 2021)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy