//

44 HUBUNGAN FATIGUE DENGAN KUALITAS HIDUP PADA PASIEN GAGAL JANTUNG DI POLI KLINIK JANTUNG RUMAH SAKIT UMUM DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MULIADY PUTRA - Personal Name

Abstrak/Catatan

Gagal jantung adalah sindrom klinis yang disebabkan karena adanya perubahan secara struktural maupun fungsional pada miokardium. Gagal jantung juga mengakibatkan terjadinya gangguan pada saat pengisian ventrikel atau pada saat jantung memompa darah. Berdasarkan hasil Riset Kesehatan Dasar, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia 2013-2018, pasien gagal jantung di Indonesia mengalami peningkatan sebesar 1.37%. Gagal ajntung disebabkan karena adanya gangguan fungsional yang ditandai dengan beberapa gejala seperti sesak nafas, merasa cepat lelah dan retensi cairan akibatnya merasakan kelelahan yang berkepanjangan. Kondisi dengan kelelahan mempengarui aktivita seharisehingga membuat kualitas hidup menurun. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan antara fatigue dengan kualitas hidup pada pada pasien gagal jantung di poliklinik jantung Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelatif dengan desain cross sectional study. Populasinya adalah pasien gagal jantung di Poliklinik Jantung Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Teknik pengambilan sampel menggunakan Non Probability Sampling dengan metode Convenience Sampling sehingga di dapatkan sampel berjumlah 40 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner Multidemisional Fatigue Inventory (MFI)dan World Health Organization Quality of Life - BREF (WHOQoL-BREF). Hasil analisa data Chi-Square dengan nilai p-value = 0.000 (

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

44 HUBUNGAN FATIGUE DENGAN KUALITAS HIDUP PADA PASIEN GAGAL JANTUNG DI POLI KLINIK JANTUNG RUMAH SAKIT UMUM DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (MULIADY PUTRA, 2021)

HUBUNGAN ILLNESS ACCEPTANCE DENGAN KUALITAS HIDUP PASIEN GAGAL JANTUNG DI POLIKLINIK JANTUNG RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Siti Arafah, 2020)

HUBUNGAN MEKANISME KOPING DENGAN KUALITAS HIDUP PADA PASIEN GAGAL JANTUNG DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (REDHA APRILIYA RUSLI, 2021)

HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN KUALITAS HIDUP PASIEN GAGAL JANTUNG DI POLIKLINIK JANTUNG RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDINRNBANDA ACEH TAHUN 2014 (Nisa Andriani Putri, 2014)

HUBUNGAN FUNGSI SISTOLIK VENTRIKEL KIRI DENGAN FUNGSI KOGNITIF PADA PASIEN GAGAL JANTUNG DI RUMAH SAKIT UMUM DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Sarah Fadillah, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy