//

ANALISIS POTENSI DAN STRATEGI PENINGKATAN PENDAPATAN ASLI DAERAH DI KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Riza Fahmi - Personal Name

Abstrak/Catatan

Tujun dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui potensi dan strategi peningkatan Pendapatan Asli Daerah di Kota Banda Aceh. Data yang di gunakan dalam penelitian ini adalah data seri waktu untuk periode 1995 -- 2006 yang diperoleh dari Kantor Badan Pusat Statistik (BPS) Nanggroe Aceh Darussalam. Kantor Dinas Pendapatan Daerah (DISPENDA) Kota Banda Aceh dan sumber-sumber lain yang berhubungan dengan penelitian. Untuk mengetahui potensi sumber pendapatan Daerah di Kota banda Aceh maka dilakukan dengan menggunakan metode analisis deskriptif dengan menjelaskan dan menggambarkan fenomena-fenomena dari objek yang diteliti.Dari hasil penelitian diperoleh bahwa sumber Pendapatan Asli Daerah Kota Banda Aceh yang paling besar memberikan sumbangan atau kontribusi adalah dari pajak, dimana lebih dari 50 persen sumbangan pajak terhadap penerimaan PAD Kota Banda Aceh setiap tahunnya. Sumber Pendapatn Asli Daerah Kota Banda Aceh dilihat dari retribusi daerah hanya memberikan kontribusi rata-rata tiap tahunnya sebesar 20 persen. Sumber Pendapatan Asli Daerah Kota Banda Aceh yang memberikan sumbangan dibawah 10 persen berasal dari BUMD dan dari Dinas-Dinas. Banyaknya pos penerimaan sangat berpengaruh pada besarnya jumlah penerimaan retribusi. Dengan kata lain semakin banyak pos penerimaan, akan menyebabkan jumlah pencrimaan retribusi semakin besar. Tentunya, pengembangan pos-pos tersebut terus dilaksanakan guna dapat meningkatkan PAD Kota Banda Aceh. Dengan semakin berkembangnya pembangunan di berbagai bidang, secara bersamaan akan membuka peluang bertambahnya pos-pos penerimaan retribusi. Diharapkan kepada Pemerintah Kota Banda Aceh agar mampu meningkatkan sumber pendapatannya terutama dari penerimaan pajak yang saat ini relatif besar memberikan sumbangannya, kemudian dari retribusi daerah, dinas-dinas dan BUMD agar lebih diperioritaskan apalagi saat ini sudah memberikan kontribusinya yang relatif bagus

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS KEMAMPUAN PENDAPATAN ASLI DAERAH DALAM MEMBIAYAI PEMBANGUNAN DAERAH DI KOTA BANDA ACEH (Rahmat, 2021)

ANALISIS EFEKTIVITAS PENDAPATAN ASLI DAERAH DAN TINGKAT KEMANDIRIAN DAERAH DI PEMERINTAH ACEH TAHUN 2006- 2010 (STUDI KASUS PADA PEMERINTAH ACEH) (savira noravita, 2013)

KONTRIBUSI PAJAK HOTEL TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH KOTA BANDA ACEH (Eliyana, 2014)

PENGARUH PENDAPATAN ASLI DAERAH DAN DANA PERIMBANGAN TERHADAP BELANJA MODAL DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KINERJA PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN/KOTA DI PROVINSI ACEH (Tri Pratiwi Prasetiyoningsih, 2016)

ANALISIS KINERJA KEUANGAN DAERAH PEMERINTAH KOTA LHOKSEUMAWE (Maisyuri, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy