//

PERANAN DANA ALOKASI UMUM DAN PENDAPATAN ASLI DAERAH TERHADAP KEMAMPUAN KEUANGAN PEMERINTAH PROPINSI ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Mutia Ramadhani - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar peranan besarnya Dana Alokasi Umum (DAU) dan Pendapatan Asli Daerah (PAD) terhadap kemampuan modal pembangunan pemerintah Aceh. Penelitian ini dilakukan di Aceh dengan menggunakan data sekunder periode 1998-2007 yang bersumber dari Kantor Badan Pusat Statistik Aceh. Data dianalisis dengan pendekatan deskriptif dengan cara melihat perubahan-perubahan DAU, PAD, dan belanja daerah. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa Selama periode 1998-2007, PAD provinsi Aceh belum mampu memcnuhi 20 persen dari pengeluaran/belanja daerah. Ini berarti selama periode 1998-2007, provinsi Aceh belum dapat digolongkan provinsi yang mandiri. Pencapaian tertinggi terjadi pada tahun 2006 dimana PAD hampir mampu memenuhi 20 persen dari pengeluaran pemerintah. Sedangkan pencapaian kemandirian daerah terendah terjadi pada tahun 2003.Oleh sebab itu, upaya untuk peningkatan pendapatan daerah khususnya pendapatan asli daerah harus lebih dimaksimalkan agar tercapainya pendapatan asli daerah yang maksimal dan dapat membiayai lebih banyak kegiatan pemerintah daerah provinsi Aceh. Upaya pemenuhan 20 persen dari pengeluaran pemerintah harus lebih ditingkatkan guna pencapai gelar provinsi yang mandiri. Pengalokasian belanja pemerintah harus mengutamakan pos-pos anggaran untuk kegiatan pemberdayaan masyarakat Aceh. Pengalokasian yang tepat diharapkan dapat terciptanya kesejahteraan yang tinggi dan merata di provinsi Aceh.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH PENDAPATAN ASLI DAERAH DAN DANA ALOKASI UMUM TERHADAP BELANJA LANGSUNG (STUDI PADA PEMERINTAH KABUPATEN/KOTA DI PROVINSI ACEH) (NANDA DARMA, 2019)

PENGARUH DANA BAGI HASIL (DBH), DANA ALOKASI UMUM (DAU), PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) TERHADAP BELANJA MODAL DI KABUPATEN/KOTA PROVINSI ACEH PERIODE 2015-2019 (ANDREAN ALAMANDA DZAKI, 2021)

PENGARUH PENDAPATAN ASLI DAERAH,DANA ALOKASI UMUM, DAN DANA BAGI HASIL TERHADAP BELANJA MODAL (STUDI PADA KABUPATEN/KOTA WILAYAH ACEH) (Susi Susanti, 2016)

PENGARUH DANA ALOKASI UMUM, PENDAPATAN ASLIRNDAERAH DAN DANA BAGI HASIL MIGAS TERHADAPRNBELANJA MODAL PADA KABUPATEN/KOTARNDI PROVINSI ACEH (Asrinanda, 2014)

PENGARUH SISA ANGGARAN, PENDAPATAN ASLI DAERAH, DANA BAGI HASIL, DANA ALOKASI UMUM, DAN DANA ALOKASI KHUSUS TERHADAP BELANJA MODAL FUNGSI PENDIDIKAN (STUDI PADA PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN/KOTA DI ACEH) (Diah Febriani, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy