//

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY DIPADU LKPD SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS, KEMAMPUAN PEMETAAN KONSEP DAN HASIL BELAJAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Siti Zuhra - Personal Name

Abstrak/Catatan

Strategi pembelajaran Guided Inquiry dipadu LKPD saintifik berperan penting dalam proses pembelajaran untuk mengasah keterampilan berpikir kritis, kemampuan pemetaan konsep, dan hasil belajar peserta didik. Proses pembelajaran selama ini masih belum memicu peserta didik berpikir secara kritis, membuat peta konsep dan hasil belajar masih tergolong rendah. Oleh karena itu diperlukan strategi pembelajaran yang tepat untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis, kemampuan pemetaan konsep dan hasil belajar peserta didik melalui penerapan strategi pembelajaran Guided inquiry dipadu LKPD saintifik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimental desain pretest-posttest control group. Subjek penelitian adalah 132 peserta didik di salah satu Madrasah Aliyah di Kabupaten Pidie. Data keterampilan berpikir kritis, kemampuan pemetaan konsep dan hasil belajar dianalisis dengan stasistik parametrik menggunakan independent sampel t test. Untuk melihat korelasi kemampuan pemetaan konsep dengan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar dilakukan melalui analisis korelasi regresi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan pada keterampilan berpikir kritis bahwa thitung > ttabel (4,78 > 1,65), kemampuan pemetaan konsep thitung > ttabel (51,72 > 1,65), dan hasil belajar peserta didik thitung > ttabel (65,8 > 1,65), serta terdapat hubungan antara kemampuan pemetaan konsep dengan keterampilan berpikir kritis thitung > ttabel (4,04 > 1,66), dan hubungan kemampuan pemetaan konsep dengan hasil belajar thitung > ttabel (24,51 > 1,66). Dengan demikian diyakini penerapan strategi pembelajaran Guided Inquiry dipadu LKPD Saintifik dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis, kemampuan pemetaan konsep dan hasil belajar serta terdapat hubungan antara kemampuan pemetaan konsep dengan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA KONSEP SUHU DAN KALOR DI SMP NEGERI 7 BANDA ACEH (DEVI AULIA RACHMAYATI, 2015)

IMPLEMENTASI MODUL BERBASIS SAINTIFIK DIPADUKAN DISCOVERY LEARNING PADA MATERI SEL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS,MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMAN ACEH BARAT DAYA (SORAYA ULFAH, 2020)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DIPADU PETA KONSEP TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS, MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI MAS BABUN NAJAH BANDA ACEH (WIRDATUL WAHIDA, 2018)

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) DIPADU MEDIA ANIMASI INTERAKTIF TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI SISTEM INDRA DI MAN BANDA ACEH (JAUHARAH, 2018)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DIPADU MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR, KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM ENDOKRIN DI MAS BABUN NAJAH BANDA ACEH (Dewi Erianti, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy