//

CAMPUR KODE DALAM FILM EUMPANG BREUH KARYA IMRAN NYAK ABEUDO

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang SALSABILLA JULNADI - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian ini berjudul “Campur Kode dalam Film Eumpang BreuhKarya Imran Nyak Abeudo”. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah bentuk campur kode yang terdapat dalam film Eumpang Breuh. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan bentuk-bentuk campur kode dalam film Eumpang Breuh.Manfaat penelitian ini secara teoretis dapat dijadikan sebagai ilmu dan wawasan bagi setiap pihak yang ingin mengembangkan ilmu kebahasaan khususnya bidang sosiolinguistik berkenaan dengan campur kode. Secara praktis penelitian ini bermanfaat bagi penulis dan juga pembaca, manfaat bagi penulis dengan adanya penelitian ini akan memperdalam ilmu pengetahuan dan pemahaman tentang campur kode. Adapun manfaat bagi pembaca dapat menjadi tambahan informasi baik bagi masyarakat maupun peneliti selanjutnya tentang pengetahuan campur kode. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik simak dan catat. Data penelitian bersumber dari kata-kata yang dituturkan oleh tokoh dalam film Eumpang Breuh. Hasil penelitian ini adanya enam bentuk campur kode. Pertama,penyisipan unsur-unsur yang berwujud katadengan kelas kata nomina, verba, dan adjektiva. Kedua,penyisipan unsur-unsur yang berwujud frasadengan jenis frasa verba, frasa nomina, frasa presuposisional, dan frasa adjektiva.Ketiga, penyisipan unsur-unsur yang berwujud baster. Keempat, penyisipan unsur-unsur yang berwujud reduplikasi. Kelima, penyisipan unsur-unsur yang berwujud ungkapan/idiom. Keenam, penyisipan unsur-unsur yang klausa. Berdasarkan hasil analisis tersebut, didapat 57 campur kode, meliputi 34 campur kode yang berwujud kata, 9 campur kode yang berwujud frasa, 8 campur kode yang berwujud baster, 3 campur kode yang berwujud reduplikasi, 1 campur kode yang berwujud ungkapan/idiom, dan 2 campur kode berwujud klausa.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS IMPLIKATUR DALAM SERIAL FILM EUMPANG BREUH (Osyanda Rahayu, 2017)

ANALISIS CAMPUR KODE PADA DIALOG ANTARTOKOH DALAM FILM “TJOET NJA’ DHIEN” (Fuji Anjalia, 2019)

PENGARUH KOMUNIKASI SARKASME PADA FILM EUMPANG BREUH TERHADAP PERILAKU REMAJA (STUDI PADA SMP NEGERI 1 SIMPANG TIGA KOTA SIGLI) (Indah Salbila, 2018)

ANALISIS SEMIOTIKA PRODUCT PLACEMENT DALAM FILM LOKAL ACEH (STUDI PADA FILM EUMPANG BREUH SERIAL 8) (fitria anggraini, 2018)

CAMPUR KODE DALAM FILM MERRY RIANA: MIMPI SEJUTA DOLAR (Safirdha Hanum, 2021)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy