PENERAPAN METODE SEGMENTASI PADA CITRA MEDIUM RESOLUTION DAN CITRA HIGH RESOLUTION UNTUK PEMETAAN TUTUPAN LAHAN (STUDI KASUS: KECAMATAN PEUKAN BADA) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PENERAPAN METODE SEGMENTASI PADA CITRA MEDIUM RESOLUTION DAN CITRA HIGH RESOLUTION UNTUK PEMETAAN TUTUPAN LAHAN (STUDI KASUS: KECAMATAN PEUKAN BADA)


Pengarang

RISKA YULIA PUTRI - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1408107010036

Fakultas & Prodi

Fakultas MIPA / Informatika (S1) / PDDIKTI : 55201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2021

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Klasifikasi citra adalah proses pengelompokan piksel citra ke dalam beberapa kelas. Klasifikasi citra terbagi 2 metode yaitu klasifikasi berbasis piksel dan klasifikasi berbasis objek. Pada penelitian ini menggunakan metode segmentasi, dimana metode segmentasi termasuk dalam klasifikasi berbasis objek. Algoritma yang akan digunakan yaitu algoritma multiresolution segmentation. Dimana algoritma ini memiliki nilai parameter skala, bentuk dan kekompakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji metode segmentasi pada citra resolusi menengah dan citra resolusi tinggi untuk pemetaan tutupan lahan di Kecamatan Peukan Bada dan menganalisa tutupan lahan hasil segmentasi citra resolusi menengah dan citra resolusi tinggi. Pada penelitian ini menggunakan citra Landsat 8 dancitra SPOT 7. Klasifikasi pada citra Landsat 8 menggunakan metode segmentasi menggunakan 1 level dan menghasilkan 7 kelas tutupan lahan. Klasifikasi pada citra SPOT 7 menggunakan 2 level dengan level 1 terdiri dari 2 kelas tutupan lahan dan level 2 terdiri dari 7 kelas tutupan lahan. Hasil proses segmentasi berbeda antara citra Landsat 8 dan citra SPOT 7. Jumlah objek yang tersegmen pada citra Landsat 8 yaitu 1282 objek. Dan jumlah objek yang tersegmen pada citra SPOT 7 di Level 1 yaitu 18.440 objek dan di Level 2 yaitu 74.325 objek.
Kata kunci : Klasifikasi, Tutupan Lahan, Segmentasi.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK