//

ANALISIS PENGARUH TINGKAT PENDAPATAN DAN SUKU BUNGA TERHADAP TABUNGAN DI INDONESIA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nurmanidar - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh dan hubungan antara pendapatan nasional (PDB), suku bunga tabungan pada perbankan di Indonesia. Di duga bahwa pengaruh pendapatan nasional (PDB) dan suku bunga terhadap tabungan masyarakat adalah positif. Sedangkan suku bunga terhadap tabungan masyarakat adalah negatif. Ruang lingkup penelitian ini adalah Analisis Ekonomi Makro yang membahas mengenai faktor-faktor yang mempcngaruhi tabungan masyarakat pada perbankan di Indonesia.Jenis dan sumber data adalah data sekunder yang diperoleh dari berbagai publikasi maupun laporan Bank Indonesia,Badan pusat Statistik, buku-buku panduan.Jurnal dan surat kabar. Data yang dianalisis adalah data Time Series selama lima belas tahun yaitu periode 1989• 2003, model analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda yang di transformasikan ke dalam bentuk logaritma.Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pendapatan nasional (PDB) Suku bunga mempengaruhi tabungan masyarakat dengan R-Square sebesar 0,768 atau 76,80 persen. Sisanya 23,20 persen. Ditentukan oleh faktor lain diluar model. Adj R-Square yang didapat sebesar 1,797 persen dan jika terjadi penambahan I persen dari suku bunga maka akan meningkat tabungan masyarakat sebesar 5,084E-02 persen. Dari hasil regresi diperoleh tingkat hubungan antara pendapatan nasional (PDB), suku bunga tabungan dinyatakan oleh koefesien korelasi yaitu sebesar 0,877 atau berhubungan sebesar 87,70 persen. Hal ini menunjukkan hubungan antara variable bebas dan variable terikat adalah erat.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH SUKU BUNGA DAN LIKUIDASI BANK TERHADAP DANA TABUNGAN PADA BANK UMUM SWASTA DI INDONESIA (SULKHAIDI, 2020)

PENGARUH TINGKAT BUNGA DAN PENDAPATAN PERKAPITA TERHADAP TABUNGAN DI INDONESIA (Nurasman Sulaiman, 2020)

PENGARUH VARIABEL MONETER DALAM NEGERI DAN LUAR NEGERI TERHADAP NILAI TUKAR RUPIAH (M FADJRI YANSYAH, 2019)

ANALISIS PENENTUAN TINGKAT BONGA DAN PENGARUHNYA TERHADAP TABUNGAN BANK UMUM BANDA ACEH (YUSNIAR, 2020)

ANALISIS PERKEMB~NGAN TABUNGAN MASYARAKAT DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHINYA DI NANGGROE ACEH DARUSSALAM (Azhari, 2021)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy