ANALISIS DISTRIBUSI PENDAPATAN PETANI PADI KABUPATEN ACEH BESAR (STUDI KASUS DI KECAMATAN DARUL IMARAH & KECAMATAN INGIN JAYA) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

ANALISIS DISTRIBUSI PENDAPATAN PETANI PADI KABUPATEN ACEH BESAR (STUDI KASUS DI KECAMATAN DARUL IMARAH & KECAMATAN INGIN JAYA)


Pengarang

Mutia Sari - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0011110425

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2021

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Aceh Besar (studi kasus di Kecamatan Darul Imarah dan Ingin Jaya) yang bertujuan untuk mengetahui besarnya pendapatan rata-rata dan pola distribusi pendapatan petani padi di Kecamatan Darul Imarah dan Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar.
Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer yang diperoleh melalui wawancara langsung yang dilengkapi dengan daftar pertanyaan. Objek dalam penelitian ini adalah kepala rumah tangga petani padi sawah. Untuk menganalisis distribusi pendapatan petani padi ini digunakan peralatan Gini Ratio.
Dari hasil penelitian diketahui Indeks Gini Ratio petani padi sawah di Kecamatan Darul Imarah sebesar 0,1278 dan Indeks Gini petani padi sawah di Kecamatan Ingin Jaya sebesar 0,1212. Sementara Indeks Gini secara keseluruhan petani padi sawah pada dua kecamatan di Kabupaten Aceh Besar adalah sebesar 0,1429.Angka ini menunjukkan bahwa distribusi pendapatan petani di Kabupaten Aceh Besar relatif merata. Begitu juga halnya dengan pendapatan rata-rata petani padi sawah di Kabupaten Aceh Besar relatif tinggi. Pendapatan rata-rata petani padi sawah di Kecamatan Ingin Jaya (Rp. 13.511.111,-) lebih besar bila dibandingkan dengan Kecamatan Darul Imarah (Rp. 10.584.000,-) Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka diharapkan kepada pemerintah daerah agar lebih mengarahkan kebijakan dan strategi pembangunan yang dapat meningkatkan kemampuan dan kemauan petani dalam berusahatani supaya dapat meningkatkan pendapatan petani padi sawah di Kabupaten Aceh Besar. Di samping itu juga disarank an kepada petani untuk lebih pro-aktif dalam meningkatkan keterampilan dan kemampuannya.











Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK