//

ANALISIS DISTRIBUSI PENDAPATAN PETANI PADI KABUPATEN ACEH BESAR (STUDI KASUS DI KECAMATAN DARUL IMARAH & KECAMATAN INGIN JAYA)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Mutia Sari - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Aceh Besar (studi kasus di Kecamatan Darul Imarah dan Ingin Jaya) yang bertujuan untuk mengetahui besarnya pendapatan rata-rata dan pola distribusi pendapatan petani padi di Kecamatan Darul Imarah dan Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer yang diperoleh melalui wawancara langsung yang dilengkapi dengan daftar pertanyaan. Objek dalam penelitian ini adalah kepala rumah tangga petani padi sawah. Untuk menganalisis distribusi pendapatan petani padi ini digunakan peralatan Gini Ratio. Dari hasil penelitian diketahui Indeks Gini Ratio petani padi sawah di Kecamatan Darul Imarah sebesar 0,1278 dan Indeks Gini petani padi sawah di Kecamatan Ingin Jaya sebesar 0,1212. Sementara Indeks Gini secara keseluruhan petani padi sawah pada dua kecamatan di Kabupaten Aceh Besar adalah sebesar 0,1429.Angka ini menunjukkan bahwa distribusi pendapatan petani di Kabupaten Aceh Besar relatif merata. Begitu juga halnya dengan pendapatan rata-rata petani padi sawah di Kabupaten Aceh Besar relatif tinggi. Pendapatan rata-rata petani padi sawah di Kecamatan Ingin Jaya (Rp. 13.511.111,-) lebih besar bila dibandingkan dengan Kecamatan Darul Imarah (Rp. 10.584.000,-) Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka diharapkan kepada pemerintah daerah agar lebih mengarahkan kebijakan dan strategi pembangunan yang dapat meningkatkan kemampuan dan kemauan petani dalam berusahatani supaya dapat meningkatkan pendapatan petani padi sawah di Kabupaten Aceh Besar. Di samping itu juga disarank an kepada petani untuk lebih pro-aktif dalam meningkatkan keterampilan dan kemampuannya.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS PENDAPATAN USAHATANI PADI SAWAH PASCA KENAIKAN HARGA GABAH DI KECAMATAN DARUL IMARAH KABUPATEN ACEH BESAR (Fifi Zuliany, 2020)

KONTRIBUSI PENDAPATAN USAHATANI PADI SAWAH TERHADAP PENDAPATAN KELUARGA DI KECAMATAN INGIN JAYA KECAMATAN KABUPATEN ACEH BESAR (Desi Afrina, 2020)

HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN DENGAN PENDAPATAN PETANI PADI DI KECAMATAN SAMPOINIET KABUPATEN ACEH JAYA (Zahara Wahyuni, 2019)

ANALISIS PEMASARAN BERAS DAN PENDAPATAN PETANI DI KECAMATAN INGIN JAYA KABUPATEN ACEH BESAR (Devi Susanti, 2020)

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT PENGELUARAN RUMAH TANGGA PETANI DI KECAMATAN DARUL IMARAH KABUPATEN ACEH BESAR (Faridah, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy