//

PENGARUH TINGKAT SUKU BUNGA SERTIFIKAT BANK INDONESIA TERHADAP JUMLAH UANG BEREDAR DI INDONESIA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang RAHMAD RAMADHAN - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat suku bunga Sertifikat Bank Indonesia terhadap Jumlah Uang Beredar. Penelitian ini menggunakan data sekunder periode 1987 - 2008 yang bersumber dari Bank Indonesia, Badan Pusat Statistik, dan instansi yan terkait dengan penelitian ini. Data dianalisis dengan pendekatan deskriptif dan kuantitatif melalui penyajian dan penyusunan data ke dalam tabel yang dianalisis dengan menggunakan model regresi sederhana. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh model regresi JUB = 1.868.800 -- 79.335 r + ei Hasil penelitian ini menunjukkan hubungan negatif dan signifikan antara tingkat suku bunga Sertifikat Bank Indonesia dan Jumlah Uang Beredar di Indonesia. Koefisien regresi suku bunga Sertifikat Bank Indonesia sebesar -79.335, menunjukkan apabila terjadi kenaikan tingkat suku bunga SBI sebesar satu persen, akan menyebabkan penurunan jumlah uang beredar sebesar Rp. 79.335 milyar dengan asumsi faktor-faktor lain dianggap tetap. Pengaruh tingkat suku bunga SBI terhadap Jumlah Uang Beredar relatif lemah dimana koefisien determinasi (R2) sebesar 0,394. Artinya tingkat suku bunga SBI memiliki pengaruh yang relatif lemah (39,4 persen) terhadap jumlah uang beredar di Indonesia, sedangkan sisanya 60,6 persen dipengaruhi oleh faktor-faktor lain seperti inflasi, nilai tukar rupiah, pengeluaran pemerintah, cadangan devisa dan angka pengganda uang. Mengingat lemahnya pengaruh suku bunga Sertifkat Bank Indonesia terhadap Jumlah Uang Beredar di Indonesia, diharapkan adanya penelitian lanjutan berkaitan dengan faktor -faktor lainnya untuk mendapatkan hasil yag lebih baik dan bermanfaat bagi pembuat kebijakan moneter.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT SUKU BUNGA KREDIT INVESTASI DAN KREDIT MODAL KERJA DI INDONESIA (Budi Rahmana Ikhsan, 2020)

PENGARUH PERGERAKAN TINGKAT BUNGA TERHADAP JUMLAH UANG BEREDAR DI INDONESIA (FACHRUL RAZI, 2020)

FAKTOR-FAKTOR INTERNAL YANG MEMPENGARUHI INFLASI DI INDONESIA (Fittriya Yunita, 2021)

PENGARUH JUMLAH UANG BEREDAR DAN SUKU BUNGA DEPOSITO TERHADAP PENGALOKASIAN DANA KREDIT BANK UMUM PEMERINTAH DI INDONESIA (MUSRITA DWI, 2020)

KAUSALITAS SUKU BUNGA BANK INDONESIA TERHADAP JUMLAH UANG BEREDAR DI INDONESIA (MARHAMAH, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy