//

PEMBERIAN LIMBAH PANEN PADI SEBAGAI PEMBENAH TANAH UNTUK MENINGKATKAN PRODUKSI PADI LOKAL DI KECAMATAN TEUPAH BARAT KABUPATEN SIMEULUE

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang OMI WAHYUNI KASARI - Personal Name

Abstrak/Catatan

Tanaman padi (Oryza sativa L.) merupakan tanaman pangan utama dan komoditi strategis bagi Indoesia. Produksi padi nasional belum mampu mencukupi kebutuhan penduduk banyak, kebijakan yang dilakukan seperti penggunaan varietas unggul, pembangunan sarana irigasi, subsidi benih, pupuk, dan penggunaan pestisida dalam meningkatkan produksi padi secara nasional. Salah satu hal terpenting dalam meningkatkan produksi padi yaitu dengan menyediakan pupuk organik (Kompos Jerami dan Biochar Sekam Padi) dan pupuk anorganik (Urea, SP-36 dan KCl) dengan berbagai dosis sehingga dapat memberikan pengaruh terhadap padi lokal Varietas Babulon dan memperbaiki sifat kimia tanah. Beberapa permasalahan yang sering ditemukan pada lahan sawah Kecamatan Teupah Barat Kabupaten Simeulue di antaranya C-organik sangat rendah, N-total sangat rendah dan P-total sangat rendah. Oleh karena itu, pengelolaan lahan sawah di Kecamatan Teupah Barat Kabupaten Simeulue perlu diperhatikan. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) Non- Faktorial yang terdiri dari 8 perlakuan dan 3 ulangan. Parameter sifat kimia tanah yang diamati adalah C-organik, N-total, P-total, P-tersedia, K-dd dan pH H2O sedangkan parameter pertumbuhan padi lokal Varietas Babulon adalah tinggi tanaman, jumlah anakan, berat berangkasan basah, berat berangkasan kering, dan berat gabah per rumpun. Pemberian pupuk organik (Kompos Jerami dan Biochar Sekam Padi)) dan pupuk anorganik dapat memperbaiki sifat kimia tanah serta meningkatkan hasil peroduksi padi dari biasanya. Produksi padi lokal meningkat menjadi 6,45 dari 3,4 ton/ha dengan pemberian pupuk kompos 20 ton/ha, biochar sekam padi 5 ton/ha, urea 200 kg/ha, SP-36 200 kg/ha dan KCl 150 kg/ha (perlakuan F).

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH PEMBERIAN PEMBENAH TANAH TERHADAP SIFAT BIOLOGI TANAH DI RIZOSFER TANAMAN KANGKUNG (IPOMEA REPTANS POIR) (WANDA REZEKI, 2019)

PERSEPSI MASYARAKAT TEUPAH BARAT TERHADAP TOKOH CERITA SI BAKUDO BATU DI KECAMATAN TEUPAH BARAT KABUPATEN SIEMEULUE (Rinda, 2016)

PENGARUH PEMBERIAN PEMBENAH TANAH TERHADAP SIFAT FISIKA DAN KIMIA TANAH SERTA HASIL TANAMAN JAGUNG (TEUKU MAULANA, 2021)

ANALISIS PENDAPATAN USAHATANI PADI SAWAH POLA TANAM PADI- KACANG TANAH DAN PADI- PADI DI KECAMATAN MANGGENG KABUPATEN ACEH BARAT DAYA (H A M D I, 2021)

ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN EJAAN DALAM SURAT KELUAR PADA KANTOR CAMAT KECAMATAN TEUPAH BARAT KABUPATEN SIMEULUE (Yunita, 2013)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy