//

TEKNOLOGI NIRS UNTUK KLASIFIKASI CAMPURAN MINYAK NILAM HASIL FRAKSINASI DENGAN MINYAK KERUING MENGGUNAKAN METODE PRINCIPAL COMPONENT ANALYSIS

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang FERI MARZATILLAH - Personal Name

Abstrak/Catatan

Minyak nilam Indonesia memiliki kualitas mutu terbaik, Namun masih banyak petani di Indonesia yang memalsukan minyak nilam dengan minyak pencampur yang salah satunya minyak keruing. Oleh karena itu biasanya minyak nilam petani akan diuji keasliannya. Pengujian ini lazimnya dilakukan dilaboratorium yang cenderung membutuhkan waktu yang lama dan harga yang mahal Sehingga diperlukan alternatif yang lebih praktis dan cepat untuk menyelesaikan masalah di atas yaitu dengan teknologi non-destruktive test yaitu near infrared reflectance spectroscopy (NIRS). Tujuan dari penelitian ini adalah membangun model pendugaan keaslian minyak nilam menggunakan metode Principal Component Analysis (PCA) dengan spektrum Pretreatment Standart Normal Variate (SNV), Derivative-1 dan Mean Normalization (MN). Bahan yang digunakan pada penelitian ini adalah minyak nilam Aceh dalam bentuk fraksi ringan, minyak keruing dan beberapa perlakuan pencampuran. Untuk mendapatkan spektrum minyak dipakai alat self developed FT-IR IPTEK T-1516 sedangkan untuk pembuatan sampel digunakan peralatan laboratorium standar. Hasil penelitian yang didapatkan yaitu tipikal minyak nilam fraksi ringan dan minyak keruing memiliki tipikal yang hampir sama. PCA (Principal Component Analysis) dengan penambahan pretreatment SNV, MN DAN D1 mampu mengklasifikasi minyak nilam fraksi ringan dengan minyak keruing dan minyak campuran 50%. Tetapi PCA (Principal Component Analysis) dengan penambahan pretreatment SNV, MN DAN D1 belum mampu mengklasifikasi minyak campuran 75%.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGEMBANGAN TEKNOLOGI NIRS DENGAN MEMBANDINGKAN METODE PRINCIPAL COMPONENTANALYSIS (PCA) DAN METODE LINEAR DISCRIMINANT ANALYSIS (LDA) DALAM MENDUGA KEMURNIAN MINYAK NILAM YANG DICAMPUR MINYAK SAWIT (Tari Purwinda Tarigan, 2020)

APLIKASI TEKNOLOGI NIRS UNTUK PENDUGAAN KEASLIAN MINYAK NILAM YANG DICAMPUR MINYAK KERUING DENGAN METODE LDA (LINEAR DISCRIMINANT ANALYSIS) (Meivi Veronika, 2021)

PENDUGAAN KADAR PATCHOULI ALCOHOL PADA MINYAK NILAM HASIL FRAKSINASI MENGGUNAKAN METODE PRINCIPAL COMPONENT REGRESSION (Fadhilat Burahman, 2021)

PENINGKATAN KADAR PATCHOULI ALKOHOL MINYAK NILAM DENGAN METODE DISTILASI FRAKSINASI VAKUM (Yulia Annisa, 2013)

STUDI PENGUKURAN VISKOSITAS PADA MINYAK NILAM YANG BERASAL DARI PROVINSI ACEH (Lena Ardiah, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy