//

ISOLASI SALMONELLA SP. DAN PREVALENSINYA PADA TEMBOLOK (INGLUVIENS) AYAM BURAS DAN AYAM RAS DI PASAR AYAM PEUNAYONG KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang SRI WAHYUNI - Personal Name

Abstrak/Catatan

ISOLASI SALMONELLA SP. DAN PREVALENSINYA PADA TEMBOLOK (INGLUVIENS) AYAM BURAS DAN AYAM RAS DI PASAR AYAM PEUNAYONG KOTA BANDA ACEH ABSTRAK Tembolok merupakan bagian saluran pencernaan ayam yang lebih mungkin pecah selama pemrosesan. Penelitian ini bertujuan untuk mengisolasi Salmonella sp. pada tembolok ayam buras dan ayam ras yang berasal dari Pasar Ayam Peunayong Kota Banda Aceh. Sampel berupa swab isi tembolok dari 15 tembolok ayam buras dan 15 tembolok ayam ras. Penelitian ini merupakan Cross sectional dengan metode Carter dimulai dari swab isi tembolok kemudian dimasukkan kedalam media Selenite Cystine Broth (SCB), apabila warna media menjadi orange dilanjutkan dengan penanaman bakteri pada media Salmonella Shigella Agar (SSA). Kemudian diamati morfologi yang tumbuh pada media SSA meliputi ukuran, bentuk, permukaan, elevasi, tepi, aspek dan warna koloni, dilanjutkan dengan pewarnaan Gram untuk mengamati morfologi bakteri secara mikroskopis. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif, ditampilkan dalam bentuk gambar dan tabel. Hasil isolasi didapatkan bahwa pada 7 dari 15 (46%) sampel tembolok ayam buras dan 15 dari 15 sampel (100%) sampel tembolok ayam ras positif terdapat Salmonella sp. Oleh sebab itu, dapat disimpulkan bahwa Salmonella sp. dapat disolasi dari tembolok ayam buras dan ayam ras, prevalensi Salmonella sp. lebih tinggi pada ayam ras dibandingkan ayam buras. Kata kunci: Eviserasi, food borne disease, Gram negatif, zoonotic disease

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ISOLASI CANDIDA SP. DAN ASPERGILLUS SP. PADA TEMBOLOK (INGLUVIENS) AYAM RAS (BROILER) DAN AYAM BURAS (BUKAN RAS) DI PASAR PEUNAYONG BANDA ACEH (SRI WAHYULI, 2019)

GAMBARAN HISTOLOGI KELENJAR TEMBOLOK AYAM KAMPUNG, BEBEK, DAN MERPATI (Firda Muharrami, 2014)

PERBANDINGAN INFEKSI SALMONELLA SP. PADA AYAM KAMPUNG DAN BROILER YANG DI POTONGDI PASAR LAMBARO ACEH BESAR (ULFAH DIYANA, 2021)

ISOLASI CEMARAN BAKTERI SALMONELLA SP. PADA DAGING AYAM BROILER YANG DIJUAL DI PASAR TRADISIONAL PEUNAYONG KOTA BANDA ACEH (NANDA FITRIA, 2020)

TEKNIK INSEMINASI BUATAN PADA AYAM BURAS (MHD. WISNU SYAHWANDA BARUS, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy