PENGARUH SUKU BUNGA BANK INDONESIA TERHADAP PERMINTAAN KREDIT INVESTASI DI INDONESIA | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PENGARUH SUKU BUNGA BANK INDONESIA TERHADAP PERMINTAAN KREDIT INVESTASI DI INDONESIA


Pengarang

DESI FARTIKA - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0501101010063

Fakultas & Prodi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis / Ekonomi Pembangunan (S1) / PDDIKTI : 60201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2021

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis Pengaruh Suku Bunga Bank Indonesia terhadap Permintaan Kredit Investasi di Indonesia selama periode Juli 2005-Maret 2009. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari Bank Indonesia cabang Nangroe Aceh Darussalam. Model analisis menggunakan regresi linear sederhana dengan menggunakan peralatan statistik berupa SPSS. Hasil penelitian menunjukkan pengaruh tingkat suku bunga Bank Indonesia terhadap permintaan kredit investasi di Indonesia adalah negatif sebesar - 9,174 persen artinya dalam setiap kenaikan suku bunga Bank Indonesia sebesar satu persen maka akan menyebabkan penurunan permintaan kredit investasi sebesar 9,174 persen dengan asumsi faktor-faktor lain dianggap konstan.
Koefesien korelasi (R) sebesar 54,1 persen yang menunjukkan derajat hubungan antara suku bunga Bank Indonesia dengan permintaan kredit investasi relatif kuat. Koefesien determinasi (R- squered) sebesar 29,3 persen artinya perubahan dalam variabel permintaan kredit investasi dapat dijelaskan oleh perubahan dalam variabel suku bunga Bank Indonesia dan selebihnya yaitu 70,7 persen dijelaskan dalam variabel-variabel lain diluar model yang digunakan dalam penelitian ini. Pengujian uji t menunjukkan suku bunga Bank Indonesia berpengaruh signifikan terhadap permintaan kredit investasi dimana Tag > Taa yaitu 9,701> 2,012 yang berarti menerima Ha, dan menolak Ho.Dalam pemberian kredit diharapkan dengan beberapa pertimbangan antara lain pertimbangan jumlah uang beredar, tingkat inflasi dan tingkat suku bunga Bank
Indonesia, agar nantinya perkembangan jumlah uang yang beredar, tingkat inflasi dan suku bunga Bank Indonesia tidak menimbulkan perekonomian yang memanas yang pada akhirnya dapat menciptakan iklim yang tidak sehat, seperti banyaknya kredit macet yang terjadi pada perbankan.









Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK