PROSES BERPIKIR SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL HIGHER ORDER THINKING (HOT) MELALUI MODEL PEMBELAJARAN APTITUDE TREATMENT INTERACTION (ATI). | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PROSES BERPIKIR SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL HIGHER ORDER THINKING (HOT) MELALUI MODEL PEMBELAJARAN APTITUDE TREATMENT INTERACTION (ATI).


Pengarang

ORIZA HANUM - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1609200160034

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2021

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Model penilaian pada kurikulum 2013 mengadaptasi model penilaian standar
internasional, yang diharapkan dapat membantu siswa untuk meningkatkan
kemampuan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking). Domain proses kognitif
yang termasuk dalam kemampuan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking)
adalah domain analisis (C4), evaluasi (C5) dan mencipta (C6). Salah satu perbedaan
siswa yang harus diperhatikan oleh guru adalah perbedaan dalam proses berpikir
siswa ketika menyelesaikan soal matematika. Model pembelajaran Aptitude
Treatment Interaction (ATI) adalah sebuah model pembelajaran yang menyesuaikan
pembelajaran dengan karakteristik kemampuan siswa, sehingga model pembelajaran
tersebut efektif digunakan untuk individu tertentu sesuai dengan kemampuannya
masing-masing. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses
berpikir siswa berkemampuan tinggi, sedang dan rendah dalam menyelesaikan soal
Higher Order Thinking (HOT) melalui model pembelajaran Aptitude Treatment
Interaction (ATI). Penelitian ini menggunakan prosedur penelitian Mix methode,
dengan subjek yang diambil dari siswa SMP Negeri 3 Banda Aceh. Data penelitian
ini adalah data observasi, test dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) tidak langsung berdampak
pada proses berpikir siswa dalam menyelesaikan soal Higher Order Thinking (HOT),
namun sangat berpengaruh pada aktivitas siswa selama pembelajaran berlangsung.
Hal ini dikarenakan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa masih rendah dan siswa
belum terbiasa dengan soal-soal HOT.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK