//

PERBANDINGAN PENYUWIRAN IKAN SECARA MANUAL DAN ALAT PENYUWIR UNTUK PEMBUATAN BAHAN BAKU ABON IKAN BERDASARKAN ANALISIS ERGONOMIKA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang NANDA AZALIA - Personal Name

Abstrak/Catatan

Abstrak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui cara penyuwiran menggunakan alat berdasarkan analisa ergonomika yang terdiri dari studi gerak dan waktu serta beban kerja. Penelitian ini dibagi menjadi tiga tahap yaitu persiapan penelitian (perebusan ikan dan pengoperasian alat), pengambilan data fisik Operator I, Operator II, Operator III, dan Operator IV yang memiliki usia 50 tahun, 40 tahun, 30 tahun, dan 23 tahun. Setiap Operator memiliki tinggi badan dan berat badan yang berbeda Operator I memiliki tinggi badan 152 cm dan berat badan 75,5 kg, Operator II memiliki tinggi badan 149 cm dan berat badan 63 kg, Operator III memiliki tinggi badan 153 cm dan berat badan 50 kg, dan Operator IV memiliki 165 cm dan berat badan 70 kg. Pengolahan data yang meliputi analisis gerak dan waktu serta beban kerja. Gerakan penyuwiran ikan tongkol menggunakan alat pencacah meliputi 5 gerakan meliputi menghidupkan mesin, menjangkau, membawa, mengarahkan ikan ke dalam alat, dan gerakan terakhir adalah mematikan mesin. Waktu rata-rata yang dibutuhkan pada proses penyuwiran menggunakan alat pencacah 84,5 detik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beban kerja penyuwiran ikan tongkol menggunakan alat pencacah tergolong kedalam kategori kerja ringan dengan rata-rata nilai beban kerja operator sebesar 190,61 kkal/jam. Rata-rata nilai beban kerja seluruh operator ketika menggunakan alat pencacah termasuk katergori kerja ringan. Namun nilai beban kerja tertinggi dialami oleh Operator I, hal ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti usia, postur tubuh, lingkungan kerja yang memicu beratnya beban kerja. Kata Kunci : Penyuwiran Ikan, Alat Penyuwir Ikan, Ergonomika

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBANDINGAN PENYUWIRAN IKAN SECARA MANUAL DAN ALAT PENYUWIR UNTUK PEMBUATAN BAHAN BAKU ABON IKAN BERDASARKAN ANALISIS ERGONOMIKA (NANDA AZALIA, 2021)

MODIFIKASI GIGI PEMARUT PADA MESIN PENYUWIR IKAN TONGKOL (EUTHYNNUS AFFINIS ) SEBAGAI PEMBUATAN BAHAN BAKU ABON IKAN (Irwansyah, 2016)

STUDI KOMPARATIF PENDAPATAN USAHA ABON IKAN DAN USAHA IKAN KAYU CHIP DI DESA LAMPULO KECAMATAN KUTA ALAM KOTA BANDA ACEH (NAZILLA ULFA, 2016)

STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA ABON IKAN (STUDI KASUS USAHA DAGANG ABON IKAN DI KECAMATAN KUTA ALAM KOTA BANDA ACEH) (Erwin Agusdiansyah, 2019)

PENGARUH KEMASAN PLASTIK POLIETILEN DAN POLIPROPILEN TERHADAP UMUR SIMPAN ABON IKAN TONGKOL (KATSUWONUS PELAMIS) DENGAN MENGGUNAKAN MODEL ARRHENIUS (M RIZKI ARIFANDY SARAGIH, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy