//

ANALISIS PENGARUH BELANJA DAERAH TERHADAP PERTUMBUHAN PRODUK DOMESTIK REGIONAL BRUTO DI PROVINSI ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rauzi prima Thartika - Personal Name

Abstrak/Catatan

Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh belanja daerah terhadap pertumbuhan PDRB di Provinsi Aceh dari tahun 1980 - 2005. Variabel yang diteliti dalam penelitian ini adalah variabel belanja daerah sebagai variabel bebas dan pertumbuhan PDRB sebagi variabel terikat. Dari hasil penelitian diperoleh hasil estimasi memberi hubungan belanja daerah dengan PDRB diperoleh konstanta sebesar 7,516 artinya apabila variabel belanja daerah dianggap konstant maka pertum buhan PDRB di Provinsi Aceh hanya sebesar 7,516 persen. Koefisien belanja daerah sebesar 0,837 menunjukan apabila variabel belanja daerah mengalami perubahan sebesar 1 persen maka akan berpengaruh terhadap meningkatnya pertumbuhan PDRB di Provinsi Aceh sebesar 0,837 persen dengan asumsi variabel lain selain belanja daerah yang mempengaruhi pertumbuhan PDRB dianggap tetap. Koefisien determinan (R2) berilai 0,904 atau 90,4 persen menunjukkan variabel belanja daerah berpengaruh terhadap pertumbuhan PDRB di Provinsi Aceh sebesar 90,4 persen sedangkan sisanya 9,6 persen dipengaruhi oleh faktor lainnya di luar model penelitian. Koefisien korelasi (R) sebesar 0,951 atau 95,1 persen menggambarkan bahwa variabel belanja daerah memiliki keeratan hubungan terhadap variabel pertumbuhan PDRB di Provinsi Aceh sebesar 95,1 persen. Pengujian yang dilakukan dengan uji t diperoleh t-hit sebesar 15,007 lebih besar dari t-tabel sebesar 3.628. Hal ini menunjukkan bahwa secara partial variabel belanja daerah berpengaruh signifikan terhadap variabel pertumbuhan PDRB di Provinsi Aceh.Diharapkan kepada pemerintah Provinsi Aceh untuk menghindari kebocoran-kebocoran dana atau KKN setiap melakukan kebijakan pengeluaran, sehingga dana yang dikeluarkan lebih besar pengaruhnya terhadap pertumbuhan ekonomi yang pada akhirnya akan meningkatkan pendapatan masyarakat dan meningkatkan pembangunan di Provinsi Aceh.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH TINGKAT PENGANGGURAN, INFLASI DAN UPAH MINIMUM PROVINSI TERHADAP PRODUK DOMESTIK REGIONAL BRUTO DI PROVINSI ACEH (RUSYQY FUAD ARSA BARUS, 2021)

PENGARUH PRODUK DOMESTIK REGIONAL BRUTO DAN DANA ALOKASI UMUM TERHADAP KEMANDIRIAN KEUANGAN DAERAH KABUPATEN/KOTA DI PROVINSI ACEH (Mizla Sadrina, 2016)

PENGARUH BELANJA MODAL PEMERINTAH DAN PRODUK DOMESTIK REGIONAL BRUTO TERHADAP PENDUDUK MISKIN DI ACEH (ZIKRIAH, 2021)

ANALISIS DETERMINAN BELANJA DAERAH DI KABUPATEN/KOTA PROVINSI ACEH DALAM ERA OTONOMI DAN DESENTRALISASI FISKAL (M. Radhi, 2013)

KONTRIBUSI SEKTOR INDUSTRI TERHADAP PRODUK DOMESTIK REGIONAL BRUTO ( PDRB) DI KOTA BANDA ACEH (YOHANNA ANWAR, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy