//

ANALISIS ECONOMIC ORDER QUANTITY TERHADAP PREDIKSI PERSEDIAAN (STUDI EMPIRIS PADA UMKM MANUFAKTUR DI KOTA BANDA ACEH)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MELY BEAUTY NINGSIH - Personal Name

Abstrak/Catatan

Berdasarkan data dari Dinas Koperasi dan UKM Aceh dalam rentang waktu tiga tahun, pertumbuhan jumlah UMKM mencapai 25 persen. Kontribusi usaha kecil dan menengah terhadap PDRB Aceh mencapai 55,56%. Berbagai program pun tutut dilaksanakan agar kinerja UMKM di semakin meningkat. Salah satunya yaitu mengoptimalkan persediaan dengan biaya serendah-rendahnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jumlah pemesanan ekonomis bahan baku dan perbandingan total biaya persediaan bahan baku, serta tingkat persediaan pengaman dan pemesanan kembali pada perusahaan manufaktur di Banda Aceh menggunakan Economic Order Quantity (EOQ). EOQ adalah kuantitas pemesanan yang terbaik atau yang paling ekonomis guna meminimalkan biaya per periode. Penelitian ini mengambil sepuluh sampel UMKM Manufaktur di Kota Banda Aceh menunjukkan hasil informasi biaya pemesanan dengan menggunakan metode EOQ berbeda dari perhitungan dari kebijakan yang dilakukan oleh perusahaan. frekuensi pemesanan bahan baku yang pada awalnya dilakukan tetap sebanyak 12 kali dalam setahun, kini menjadi berkurang sehingga dapat menghemat biaya pemesanan. Kata Kunci : Usaha Kecil Menengah (UKM), Economic Order Quantity (EOQ), Persediaan bahan baku, Persediaan Pengaman, Titik Pemesanan Kembali

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS PERHITUNGAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU UNTUK MEMPERLANCAR PROSES PRODUKSI PADA PANTE PIRAK BAKERY & CAKE BANDA ACEH (Yuliandra, 2015)

PERENCANAAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU MENGGUNAKAN TEKNIK LOT SIZING (STUDI KASUS PERSEDIAAN BAHAN BAKU FIBER DI PERUSAHAAN CV. FIBERINDO KREATIF BANDA ACEH) (Arisa Novijuita, 2016)

PENGENDALIAN PERSEDIAAN BERAS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL EOQ (ECONOMIC ORDER QUANTITY) PADA DIVISI REGIONAL PERUM BULOG NANGGROE ACEH DARUSSALAM (Ida Mastura, 2021)

ANALISIS PENGENDALIAN SUKU CADANG MESIN DENGAN MODEL PERSEDIAAN MULTIKRITERIA (STUDI KASUS PADA TURBIN GAS PT ARUN) (NUR FAJRIN RAMADHANI, 2015)

ANALISIS PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, VARIABILITAS PERSEDIAAN, RASIO PERPUTARAN PERSEDIAAN, VARIABILITAS HARGA POKOK PENJUALAN DAN MARGIN LABA KOTOR TERHADAP PEMILIHAN METODE AKUNTANSI PERSEDIAAN (STUDI PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI) (Frieska Dwi Adhiatma, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy