//

ANALISIS PERAN SEKTOR PERTANIAN DALAM PEMBANGUNAN DAERAH DI KABUPATEN ACEH BESAR (PENDEKATAN LOCATION QUOTIENT DAN SHIFT SHARE ANALYSIS)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang NABILA UMAMI OCTARIYADI - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Sektor pertanian merupakan sektor primer yang menunjang perekonomian dan menyumbang PDRB terbesar di Kabupaten Aceh Besar yaitu sebesar 2.145.669 milyar untuk pembangunan wilayah Kabupaten Aceh Besar. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran dan daya saing sektor dan sub sektor pertanian dalam perekonomian, menentukan sektor dan sub sektor unggulan sehingga didapatkannya rumusan prioritas pengembangan sektor dan sub sektor pertanian guna memajukan perekonomian di Kabupaten Aceh Besar. Metode analisis yang digunakan adalah analisis Location Quotient dan analisis Shift Share serta penggabungan antar keduanya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sektor pertanian, kehutanan, dan perikanan merupakan sektor non basis di Kabupaten Aceh Besar. Keadaan ini dikarenakan nilai LQ sektor pertanian < 1 yaitu sebesar 0,79. Sub sektor pertanian, peternakan, perburuan dan jasa pertanian, sub sektor tanaman pangan dan sub sektor peternakan merupakan sub sektor unggulan di Kabupaten Aceh Besar karena bernilai LQ > 1. Hasil pergeseran struktur ekonomi, PNij dan PPWij Kabupaten Aceh Besar pada kedua sub sektor tersebut bernilai positif. Prioritas pengembangan sub sektor di Kabupaten Aceh Besar yang tepat terfokus pada sub sektor pertanian, peternakan, perburuan dan jasa pertanian, serta sub sektor peternakan. Kata kunci : Sektor unggulan, Location Qoutient (LQ), Shift Share(SS)

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS SEKTOR EKONOMI UNGGULAN DAN POTENSIAL KABUPATEN ACEH SELATAN (AWALIL RISKI HARZI, 2016)

ANALISIS SEKTOR BASIS DAN PERUBAHAN STRUKTUR PEREKONOMIAN WILAYAH DI KABUPATEN PIDIE (CUT PUTRI SAHARA A, 2020)

ANALISIS SEKTOR UNGGULAN DAN PERUBAHAN STRUKTUR PEREKONOMIAN KABUPATEN ACEH BARAT (Herman syahputra, 2016)

ANALISIS SEKTOR UNGGULAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN PERTUMBUHAN EKONOMI KABUPATEN ACEH UTARA (Muhammad Iqbal, 2015)

ANALISIS STRUKTUR EKONOMI KABUPATEN ACEH BESAR (Zakaria, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy