//

USAHA KERAJINAN KERAWANG GAYO UNTUK MENINGKATKAN PENDAPATAN KELUARGA DI DESA LAMNGA, MONTASIK ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Elidar - Personal Name

Abstrak/Catatan

Usaha kerajinan Kerawang Gayo sangat erat hubungannya dengan masyarakat desa, karena jenis usaha ini bersumber pada kreativitas dan inisiatif masyarakat itu sendiri. Oleh karena itu, usaha kerajinan Kerawang Gayo ikut menunjang pembangunan masyarakat desa yaitu dengan memperluas kesempatan kerja, meningkatkan pendapatan keluarga, dan dapat memenuhi kebutuhan hidup yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis benda yang dihasilkan oleh pengrajin, konstribusi hasil usaha kerajinan Kerawang Gayo dalam ekonomi keluarga,pemasaran hasil usaha dan hambatan-hambatan yang dihadapi pengrajin dalam mengembangkan usaha kerajinan Kerawang Gayo. Populasi dalam penelitian ini adalah ibu-ibu pengrajin, yang berjumlah 12 orang. Dengan jumlah populasi yang tidak terlalu banyak, maka seluruhnya dijadikan subjek penelitian. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui angket dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis benda yang banyak dihasilkan pengrajin adalah tas kerja. Hal ini menunjukkan bahwa tas kerja merupakan jenis benda kerajinan yang paling banyak mendatangkan hasil bagi para pengrajin karena paling banyak diminati oleh pembeli, dari usaha hasil kerajinan Kerawang Gayo pengrajin dapat memenuhi kebutuhan hidup keluarga di samping untuk ditabung dan sebagian biaya pendidikan anak. Pada umumnya pengrajin memasarkan hasil kerajinan yang telah siap dikerjakan kemudian dipasarkan melalui agen khusus yang mengambil ke tempat usaha, dan upaya-upaya yang dilakukan pengrajin untuk mengembangkan kerajinan Kerawang Gayo dengan cara menciptakan kreasi baru agar menarik konsumen serta dapat mengimbangi persaingan pasar. Agar dalam memasarkan hasil kerajinan, sebaiknya peran serta agen atau perantara dihilangkan dengan mendirikan suatu badan usaha seperti Koperasi untuk menampung dan memasarkan hasil kerajinan. Hal ini dapat lebih menguntungkan pengrajin, karena memiliki prosedur-prosedur yang jelas.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

WANITA DALAM USAHA KERAJINAN KERAWANG GAYO DI KABUPATEN ACEH TENGAH (1985-2013) (Desi Arae, 2014)

ANALISIS PENDAPATAN USAHA IDA KERAWANG GAYO DI DESA BEBESEN KABUPATEN ACEH TENGAH (Maulana Rizky, 2018)

PENERAPAN MOTIF ACEH PADA KERAJINAN BORDIR DI DESA LAMNGA KECAMATAN MONTASIK ACEH BESAR (Rosnidar, 2016)

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN PETANI GARAM DI DESA LAMNGA KECAMATAN MESJID RAYA KABUPATEN ACEH BESAR(HEKED BAI HEKER) (Cicik Ramadhani, 2020)

PENGEMBANGAN MOTIF KERAWANG GAYO PADA BUSANA PESTA WANITA DI ACEH TENGAH (Tiara Arliani, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy