//

PENERAPAN MODEL SITUATION BASED-LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang SITI MULIA - Personal Name

Abstrak/Catatan

Keterampilan berpikir kritis penting dan harus dikuasai oleh peserta didik. Keterampilan berpikir kritis dapat membantu peserta didik untuk berpikir secara lebih baik dan beralasan agar dapat menganalisis suatu masalah maupun memberikan argumen yang baik berdasarkan pada suatu kajian yang mendalam sehingga mampu menentukan solusi dari masalah yang dihadapi, namun keterampilan berpikir kritis siswa masih rendah. Kemandirian belajar juga merupakan aspek yang penting karena dapat mengembangkan keterampilan akademik peserta didik, namun kemandirian belajar matematika siswa juga masih rendah. Salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kemandirian belajar ialah dengan menerapkan model Situation-Based Learning (SBL). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Situation-Based Learning (SBL) dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kemandirian belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan sampel penelitian siswa kelas VIII SMPN 1 Samudera. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui tes awal dan tes akhir keterampilan berpikir kritis dengan 3 indikator yang diukur yaitu interpretasi, analisis, dan evaluasi, serta angket kemandirian belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan berpikir kritis matematis dan kemandirian belajar matematika siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran SBL. Efektivitas model pembelajaran SBL dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis matematis sebesar 0,63 tergolong dalam kategori sedang dengan besaran efek sebesar 1,80 artinya memiliki ukuran perbedaan peningkatan keterampilan berpikir kritis yang signifikansi. Efektivitas model pembelajaran SBL dalam meningkatkan kemandirian belajar matematika sebesar 0,61 tergolong dalam kategori sedang dengan besaran efek sebesar 3,00 artinya memiliki ukuran perbedaan peningkatan kemandirian belajar matematika yang signifikansi.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA KONSEP USAHA DAN ENERGI UNTUK MENINGKATKANRNKETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMA (siska sucirahayu, 2015)

PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS, KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP SISTEM PERNAPASAN DI MAN KABUPATEN BIREUEN (KHAIRUNNISAK, 2018)

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING MELALUI MEDIA ULAR TANGGA TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS, HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA DI SMA NEGERI 1 SIMPANG TIGA PIDIE (Anarita, 2018)

IMPLEMENTASI MODUL BERBASIS SAINTIFIK DIPADUKAN DISCOVERY LEARNING PADA MATERI SEL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS,MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMAN ACEH BARAT DAYA (SORAYA ULFAH, 2020)

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODUL BERBASIS SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY AND SOCIETY (SETS) DIPADU PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA (Risa Rianda, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy