//

ANALISIS PERBANDINGAN BIAYA DAN PROFIT MARGIN PELAKU PEMASARAN IKAN TUNA MADIDIHANG (THUNNUS ALBACARES) DI KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ANANDA MAYDARI SULTA - Personal Name

Abstrak/Catatan

Ikan Tuna merupakan salah satu ikan yang bernilai ekonomis yaitu karena memiliki nilai pasaran yang tinggi serta daya produksi yang tinggi. Jenis ikan tuna yang memiliki produksi tinggi di perairan Aceh yaitu tuna sirip kuning/madidihang. Kegiatan penangkapan ikan ini memiliki tujuan untuk memperoleh suatu keuntungan baik yang bernilai finansial ataupun untuk mendapatkan nilai tambah lainnya. Pelaku yang berperan didalam rangkaian kegiatan suatu saluran pemasaran akan mendapatkan keuntungan yang proposional, namun nelayan merasa kurang mendapatkan keuntungan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis saluran pemasaran, perbandingan biaya, nilai profit margin, nilai fisherman’s share, serta tingkat efisiensi pelaku pemasaran ikan tuna madidihang di Kota Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode analisis margin pemasaran dan analisis fisherman’s share. Hasil dari penelitian ini menunjukan terdapat 3 jenis saluran pemasaran. Nilai margin pemasaran terendah yaitu sebesar Rp 4.000/Kg pada saluran pemasaran I yang dilakukan oleh pedagang pengecer. Nilai fisherman’s share pada saluran pemasaran I sebesar 75%, pada saluran pemasaran II sebesar 81%, dan pada saluran pemasaran III sebesar 85%.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS PEMASARAN IKAN MAS DI DESA JANTHO BARU KABUPATEN ACEH BESAR (Mira Handayani, 2020)

ANALISIS EFISIENSI PEMASARAN EKSPOR IKAN TUNA ACEH (STUDI KASUS : PT. NAGATA PRIMA TUNA, KOTA BANDA ACEH) (TAUFIK AULIA KUMAR, 2016)

ANALISIS PROFIT MARGIN PADA MASING MASING SALURAN PEMASARAN IKAN SEGAR DI KOTA BANDA ACEH (Daniel Irfantri, 2020)

ANALISIS PENGELOLAAN PERIKANAN TUNA MADIDIHANG (THUNNUS ALBACARES) DI PERAIRAN UTARA ACEH (Aprianty, 2019)

KAJIAN RANTAI PEMASARAN IKAN TALANG-TALANG DIKECAMATAN SAMPOINIET KABUPATEN ACEH JAYA (Retno Wandasari, 2021)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy