SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS UNTUK EVALUASI KESESUAIAN LAHAN TANAMAN KURMA (PHOENIX DACTYLIFERA) BERBASIS WEB DI KABUPATEN ACEH BESAR | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS UNTUK EVALUASI KESESUAIAN LAHAN TANAMAN KURMA (PHOENIX DACTYLIFERA) BERBASIS WEB DI KABUPATEN ACEH BESAR


Pengarang

Rahma Zulaikha - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1605106010015

Fakultas & Prodi

Fakultas Pertanian / Teknik Pertanian (S1) / PDDIKTI : 41201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2021

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Kecamatan Blang Bintang merupakan salah satu kecamatan yang terdapat di Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh, dengan keadaan lahan atau tanah yang masih lahan kosong dan kurang pemanfaatannya. Kurangnya pengembangan informasi berbasis webGIS khususnya evaluasi kesesuaian lahan tanaman kurma sangat perlu dilakukan untuk memberikan informasi kepada pihak-pihak petani, pemangku kebijakan agar memudahkan dalam memperoleh informasi yang cepat serta memiliki jangkauan yang luas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan informasi data evaluasi kesesuaian lahan tanaman kurma di Kecamatan Blang Bintang Kabupaten Aceh Besar yang di sajikan dalam bentuk web atau laman.
Penelitian dilakukan dengan melakukan pengumpulan data sekunder pada instansi terkait, melakukan observasi dan wawancara. Selanjutnya dilakukan analisis data hingga diperoleh evaluasi kesesuaian lahan tanaman kurma yaitu kesesuaian lahan aktual dan kesesuaian lahan potensial. Kemudian dilakukan perancangan Sistem Informasi Geografis (SIG) berbasis web dengan membuat peta WebGIS menggunakan perangkat lunak QuantumGIS 3.4.12 yang selanjutnya di publish pada web server sehingga dapat di akses secara online.
Hasil yang diperoleh pada penelitian ini menunjukkan bahwa evaluasi kesesuaian lahan tanaman kurma yaitu kesesuaian lahan aktual termasuk dalam kategori kelas kesesuaian lahan sesuai marginal (S3) dapat dikembangkan pada 10 (sepuluh) satuan peta lahan (SPL) dengan luas lahan 4.424,88 ha atau 98 % dari total luas wilayah Kecamatan Blang Bintang. Satuan peta lahan (SPL) 2 merupakan airport (bandara) seluas 74,26 ha atau 2% sehingga tidak dilakukan pengamatan. Kesesuaian lahan aktual pada 10 SPL tersebut dapat ditingkatkan kelas kesesuaiannya dengan melakukan upaya-upaya perbaikan melalui konsevasi tanah dan air berupa pembuatan teras dan dengan upaya perbaikan tersebut, maka kelas kesesuaian lahan potensialnya tetap tidak mengalami peningkatan yaitu kelas kesesuaian lahan sesuai marginal (S3) pada 10 satuan peta lahan (SPL) karena faktor pembatas yang bersifat permanen yaitu iklim (kelembaban udara) sehingga tidak dapat dilakukan upaya perbaikan. Informasi data evaluasi kesesuaian lahan tanaman kurma di Kecamatan Blang Bintang Kabupaten Aceh Besar yang di sajikan dalam bentuk sistem informasi geografis berupa peta digital berbasis web atau laman dan juga dapat menyajikan foto dokumentasi pada bebrapa lahan serta dapat diakses melalui alamat URL http//tp.unsyiah.ac.id/webgis/.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK