APLIKASI METODE MODIFIKASI ALGORITMA KRUSKAL DALAM PENENTUAN RUTE MINIMUM PARIWISATA (STUDI KASUS: PARIWISATA KOTA BANDA ACEH) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

APLIKASI METODE MODIFIKASI ALGORITMA KRUSKAL DALAM PENENTUAN RUTE MINIMUM PARIWISATA (STUDI KASUS: PARIWISATA KOTA BANDA ACEH)


Pengarang

T.M. HAIKAL - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1508101010028

Fakultas & Prodi

Fakultas MIPA / Matematika (S1) / PDDIKTI : 44201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2021

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Kota Banda Aceh merupakan salah satu kota yang menjadi pilihan untuk berwisata karena memiliki berbagai macam pariwisata. Salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam berwisata adalah menentukan jadwal dan jarak minimum pariwisata. Setiap wisatawan pasti ingin memilih jarak yang lebih minimum untuk mencapai tempat wisata agar dapat menghemat waktu, biaya, dan tenaga saat berwisata. Penelitian ini bertujuan untuk meminimumkan jarak antar 10 objek wisata di Kota Banda Aceh. Metode yang digunakan berupa pengembangan dari algoritma Kruskal yang disebut sebagai modifikasi algoritma Kruskal. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini adalah modifikasi algoritma Kruskal yang kemudian digunakan untuk menentukan minimum jarak antar 10 objek wisata dan jarak minimum antar 10 objek wisata sebesar 21,5 km yang dimulai dari objek wisata Makam Syiah Kuala, Kapal Tsunami Lampulo, Taman Sulthanah Safiatuddin, Hutan Kota, Mesjid Raya Baiturrahman, Museum Aceh, Taman Sari Gunongan, Museum Tsunami, PLTD Apung dan berakhir di Pantai Ulee Lheue atau sebaliknya. Kemudian dilakukan perbandingan dengan solusi menggunakan algoritma Kruskal dari hasil tersebut dan didapatkan selisih jarak sebesar 2,7 km. Sehingga dapat disimpulkan bahwa solusi modifikasi algoritma Kruskal lebih optimal dibandingkan dengan algoritma Kruskal untuk kasus pencarian rute minimum. Sebuah aplikasi untuk menampilkan rute sesuai dengan hasil yang diperoleh juga dikembangkan untuk mempermudah wisatawan dalam mencari rute minimum pariwisata Kota Banda Aceh.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK