//

KONTRIBUSI SEKTOR PERTANIAN TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI NANGGROE ACEH DARUSSALAM

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Irwan Novrizal - Personal Name

Abstrak/Catatan

IRWAN NOVRIZAL, "Kontribusi Sektor Pertanian Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Di Nanggroe Aceh Darussalam" di bawah bimbingan Bapak Ir. Edy Marsudi, M.Si sebagai pembimbing utama dan Bapak Ir. Kadir Zailani sebagai pembimbing kedua. Penelitian bertujuan untuk mengetahui laju pertumbuhan sektor pertanian di Nanggroe Aceh Darussalam dari tahun 1994-2003, kemudian untuk mengetahui laju pertumbuhan sektor pertanian di Nanggroe Aceh Darussalam hingga tahun 2015 dan untuk mengetahui besarnya kontribusi sektor pertanian terhadap pertumbuhan ekonomi di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam dan tahun 1994-2003. Penelitian ini dilaksanakan di provinsi Nanggroe Aceh Darussalam dengan menggunakan data time series yaitu data rangkaian waktu yang terdiri dari waktu tertentu. Pada penelitian ini digunakan waktu 10 tahun yaitu dari tahun 1994-2003 adapun yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah sektor Pertanian. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan model analisis Suseno dan Model Analisis Sudjana yaitu: 1) untuk menghitung laju pertumbuhan. ekonomi rata-rata setiap tahun dengan menggunakan cara compounding Factor,dan 2) untuk menghitung kontribusi sektor maupun sub sektor digunakan kontribusi sektor, 3) untuk menghitung prediksi laju pertumbuhan ekonomi dengan metode Analisis Trend. Dari hasil penelitian diperoleh Laju perkembangan sektor pertanian dari tahun 1994- 2003 relatif terus mengalami peningkatan, pada tahun 1994 sektor pertanian memberikan hasil atau output sebesar Rp. 2.049.762,43 Juta hingga tahun 1997 perkembangan output sektor pertanian mencapai Rp. 2.436.427,01 juta, dimana rata-rata tingkat pertumbuhan sektor pertanian dari tahun 1994-2003 mencapai 3.07 persen. Sementara kontribusi sektor pertanian terhadap PDRB memberikan sumbangan yang relatif berfluktuasi terhadap PDRB di Nanggroe Aceh Darussalam, dimana rata-rata kontribusi sektor pertanian terhadap PDRB sebesar 39,62 persen tiap tahunnya. Kalau dilihat kontribusi sub sektor pertanian terhadap PDRB yang memberikan sumbangan yang relatif besar adalah dan sub sektor tanaman bahan makanan yaitu sebesar 13,84 persen tiap tahunnya. Hasil analisis trend menggambarkan bahwa perkembangan laju pertumbuhan sektor pertanian hingga tahun 2015 terus mengalami peningkatan, laju pertumbuhan sektor pertanian hingga tahun 2015 diperkirakan akan mengalami pertumbuhan sebesar 9,40 persen dengan output yang akan dihasilkan mencapai Rp. 4.048.902,92 juta.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH KESEMPATAN KERJA SEKTOR PERTANIAN TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI PROVINS! NANGGROE ACEH DARUSSALAM (Dedi Sahputra, 2021)

KONTRIBUSI SEKTOR PERTANIAN TERHADAP PRODUK DOMESTIK REGIONAL BRUTO (PDRB) PROPINSI NANGGROE ACEH DARUSSALAM (ELLYIN SAPUTRA, 2020)

KONFLIK POLITIK DI PROVINSI NANGGROE ACEH DARUSSALAM SERTA PENGARUHNYA TERHADAP PERGESERAN STRUKTUR EKONOMI MASYARAKAT (Faisal Ismi Imamu, 2021)

ANALISIS SHIFT - SHARE SEKTOR NON MIGAS DI PROVINSI NANGGROE ACEH DARUSSALAM (Muhammad Elmansyah, 2021)

ANALISIS SUMBANGAN PENDAPATAN ASLI DAERAH DI DALAM BELANJA DAERAH DI PROVINSI NANGGROE ACEH DARUSSALAM (fuadi, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy