//

DAYA TERIMA KONSUMEN TERHADAP TELUR GABUS IKAN NILA (OREOCHORMIS NILOTICUS)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang HALIDA BUNGA PERTIWI - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Halida Bunga Pertiwi. 2020. Daya Terima Konsumen Terhadap Telur Gabus Ikan Nila (Oreochormis niloticus). Skripsi, Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dra. Nurul Faudhiah, M.Pd., (2) Yuli Heirina Hamid, S.Pd.,M.Si. Kata Kunci: Daya terima konsumen, telur gabus, ikan nila Ikan nila dengan nama ilmiah (Oreochormis niloticus) merupakan sejenis ikan air tawar. Ikan nila bisa dimanfaatkan menjadi bahan dalam membuat penganan, salah satu penganan yang dapat diolah dari ikan nila adalah kue Telur gabus. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh standarisasi resep, mengetahui karakteristik organoleptik dan daya terima konsumen terhadap kue Telur gabus dengan penambahan ikan nila. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen.Tempat dan waktu penelitian dilakukan di laboratorium Tata Boga Prodi PKK FKIP Unsyiah. Data uji Pengamatan menggunakan analisis dari total nilai narasumber. Data uji penerimaan analisis of variance (anova) satu jalur dari konsumen. Kemudian dianalisis dengan menggunalan LSD pada taraf 0,05. Hasil penelitian diperoleh kue telur gabus pada perlakuan ketiga (R2) dengan penambahan ikan nila 60% merupakan perlakuan yang diterima oleh narasumber berdasarkan uji Pengamatan dengan nilai rata-rata sebanyak 22,475 dalam skala 21-25. Hasil penelitian uji penerimaan konsumen terhadap kue telur gabus dengan penambahan ikan nila dengan nilai rata-rata tertinggi terdapat pada kue telur gabus perlakuan ketiga (R2) dengan nilai 4,075 dalam skala 1-5.Simpulan penelitian ini adalah berdasarkan hasil uji yang dilakukan, baik narasumber maupun konsumen lebih menyukai perlakuan ketiga (R2) karena pengaruh warna yang kuning keemasan, aroma ikan nila yang cukup kuat, tekstur renyah, serta memiliki rasa yang gurih. Hasil uji daya terima konsumen terhadap warna, aroma, tekstur dan rasa telur gabus lebih diterima dengan penambahan ikan nila sebanyak 300 gram (60%).

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

MORFOMETRIK DAN HUBUNGAN PANJANG BERAT IKAN HASIL TANGKAPAN NELAYAN DI DANAU ANEUK LAOT KOTA SABANG (Auliyanisa Khayra, 2017)

PENGARUH PENAMBAHAN PACIK KULE NILA (OREOCHORMIS NILOTICUS) TERHADAP KARAKTERISTIK ORGANOLEPTIK PADA PEMBUATAN STICK (Sukma Asiah, 2020)

PENGARUH SUHU PEMELIHARAAN IKAN DAN MASA SIMPAN DAGING IKAN NILA (OREOCHROMIS NILOTICUS) PADA PENYIMPANAN SUHU -20°C TERHADAP JUMLAH TOTAL BAKTERI (Nurdiani Muliana Sitakar, 2015)

PENGARUH PEMBERIAN MADU PADA PAKAN TERHADAP PERKEMBANGAN GONAD IKAN NILA BETINA (OREOCHROMIS NILOTICUS) (Nur Azizah, 2018)

PENGARUH PEMBERIAN KOMBINASI PAKAN AMPAS TAHU DAN AMPAS KELAPA TERFERMENTASI TERHADAP PERTUMBUHAN DAN DERAJAT KESEHATAN IKAN NILA (OREOCHROMIS NILOTICUS LINN.) (Rizka Mulia, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy