//

PENGARUH LUAS LAHAN TENAGA KERJA DAN MODAL TERHADAP PRODUKSI PADI DI DESA DRIEN PAYEEH KECAMATAN TANGAN-TANGAN KABUPATEN ACEH BARAT DAYA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nurhayati - Personal Name

Abstrak/Catatan

Nurhayati dengan judul skripsi "Pengaruh Luas Lahan, Tenaga Kerja dan Modal Terhadap Produksi Padi di Desa Drien Payeeh Kecamatan Tangan-Tangan Kabupaten Aceh Barat Daya, dengan pembimbing Bapak Dr. Ir. Azhar Muslim, M.S, selaku pembimbing utama dan Ibu Cut Faradilla, SP, M.Si, selaku pembimbing kedua Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh luas lahan, tenaga kerja dan modal terhadap produksi padi di Desa Drien Payeeh Kecamatan Tangan-Tangan Kabupaten Aceh Barat Daya Responden Penelitian adalah sebanyak 28 orang petani sawah yang diambil secara acak. Pengumpulan data dilakukan melalui penelitian lapangan, yaitu dengan mengedarkan angket yang harus diisi oleh responden selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan peralatan statistik analisis regresi linier berganda Hasil penelitian menunjukkan luas lahan dan tenaga kerja mempunya pengaruh positif terhadap hasil produksi padi Sebaliknya pengunaan modal justru mempunyai pengaruh negatif, Hal ini terhihat dan hasil pengolahan data yang menunjukkan persamaan regresi Y= 0,0958 + 31,376X1 + 1,016X2- 0.00000324X3. Nilai koefisien regresi b1 sebesar 31,376 dapat diartikan peningkatan luas lahan sebesar 1 hektar akan dapat meningkatkan hasil produksi padi sebesar 31.376 kwintal Sebahiknya nilai koefisien regresi b3 bermakna peningkatan pengeluaran biaya dalam kegiatan pertanian padi justru dapat mengurangi hasil produks padi. Hal ini disebabkan responden dengan lahan yang relatif tidak luas dengan hasil produksi relatif lebih sedikit, justru mengeluarkan biaya yang lebih besar bila dibandingkan dengan responden yang memiliki lahan relatif lebih luas denganhasil produksi yang lebih banyak. Hubungan antara ketiga variabel independen (luas lahan, tenaga kerja, dan modal) sangat erat. Hal ini dapat dilihat dari nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,993. Selanjutnya nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,987 dapat diartikan sebesar 98,7 persen hasil produksi padi dipengaruhi oleh luas lahan, tenaga kerja dan besarnya modal yang digunakan. Sisanya sebesar 1,3 persen lagi dipengaruhi oleh faktor lain. Nilai F hitung sebesar 590,363 lebih kecil besar dibandingkan dengan nilai F tabel pada tingkat keyakinan 95 persen sebesar 3,009. Dengan demikian hipotesis Ha diterima, sebaliknya Ho ditolak yang bermakna ketiga variabel independen (luas lahan, tenaga kerja, dan modal) secara serempak mempunyai pengaruh signifikan terhadap hasil produksi tanaman padi. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah luas lahan dan tenaga kerja mempunyar pengaruh positif terhadap hasil produksi padi. Sebahiknya modal mempunyai pengaruh negatif. Secara serempak ketiga variabel independen tersebut mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil produksi padi di Desa Drien Payeeh Kecamatan Tangan-Tangan Kabupaten Aceh Barat Daya

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS FAKTOR- FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKSI USAHA TANI PADI DI KECAMATAN INGIN JAYA KABUPATEN ACEH BESAR (HARMAINI, 2021)

ANALISIS EFISIENSI PRODUKSI PADI SAWAH DI KECAMATAN KUALA BATEE KABUPATEN ACEH BARAT DAYA (YUHARDI FATHURRAHMAN, 2016)

ANALISIS PRODUKSI PETANI KARET DI KECAMATAN WOYLA BARAT KABUPATEN ACEH BARAT (Muhamad fajerin, 2014)

ANALISIS EFISIENSI PENGGUNAAN FAKTOR-FAKTOR PRODUKSI PADA USAHATANI PADI DI KECAMATAN DELIMA KABUPATEN PIDIE (Julia, 2020)

PENGARUH FAKTOR-FAKTOR PRODUKSI TERHADAP PENDAPATAN PETANI KELAPA SAWIT DI KECAMATAN KUALA KABUPATEN NAGAN RAYA (Hendra Zulhelmi, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy