//

MOTIVASI PASIEN KANKER PAYUDARA DALAM MELAKUKAN KEMOTERAPI DI RUANG MAMPLAM III BLUD RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2013

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Yulinar - Personal Name
SubjectCHEMOTHERAPY
BREAST CANCER-MEDICINE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keperawatan
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA FAKULTAS KEDOKTERAN PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN SKRIPSI 01 Juli 2013 Xiv + VI Bab + 71 halaman + 8 tabel + 1 skema + 18 lampiran YULINAR 0907101020085 MOTIVASI PASIEN KANKER PAYUDARA DALAM MELAKUKAN KEMOTERAPI DI RUANG MAMPLAM III BADAN LAYANAN UMUM DAERAH RUMAH SAKIT UMUM DAERAH dr. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2013 ABSTRAK Kanker payudara menempati urutan pertama pada pasien rawat inap di seluruh rumah sakit di Indonesia (16,85%) (SIRS, 2007). Salah satu pengobatan yang dilakukan pada kanker payudara adalah kemoterapi, namun pasien seringkali tidak termotivasi melakukannya dengan berbagai alasan seperti tidak tahan terhadap efek samping yang ditimbulkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi pasien kanker payudara dalam melakukan kemoterapi di Ruang Mamplam III Badan Layanan Umum Daerah Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin Banda Aceh tahun 2013. Penelitian ini berbentuk deskriptif eksploratif dengan pendekatan cross sectional study dengan metode total sampling terhadap 34 responden. Alat pengumpul data berupa kuesioner berbentuk skala dischotomous choice dengan skala ukur ordinal, terdiri dari 39 item pernyataan. Data dianalisa dengan sistem komputer dengan menentukan persentase kategori tinggi dan rendah. Hasil pengumpulan data didapat bahwa motivasi pasien kanker payudara dalam melakukan kemoterapi berada pada kategori tinggi (70,6%) yang meliputi lima variabel yaitu motivasi pasien kanker payudara berdasarkan pengetahuan pada kategori tinggi (52,9%), berdasarkan sikap pada kategori kurang (47,1%), berdasarkan lingkungan pada kategori baik (64,7%), berdasarkan dukungan keluarga pada kategori tinggi (70,6%), berdasarkan sosial ekonomi pada kategori tinggi (64,7%). Dari hasil pengumpulan data disimpulkan bahwa motivasi pasien kanker payudara dalam melakukan kemoterapi di Ruang Mamplam III BLUD RSUD dr. Zainoel Abidin Banda Aceh tahun 2103 berada pada kategori tinggi yaitu sebanyak 24 orang (70,6%). Saran peneliti kepada perawat dan keluarga pasien untuk terus memberikan informasi tentang pentingnya melakukan kemoterapi sehingga motivasi pasien kanker payudara dalam melakukan kemoterapi dapat terus meningkat. Kata kunci : Motivasi, kemoterapi, kanker payudara Daftar bacaan : 37 buku + 8 skripsi + 5 jurnal + 6 internet (2000-2013)

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KONSEP DIRI PASIEN KANKER PAYUDARA DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2015 (ALMAH BUBAH, 2015)

PERBEDAAN KUALITAS TIDUR SEBELUM DAN SESUDAH KEMOTERAPI SIKLUS I PADA PASIEN KANKER PAYUDARA DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Nadya Izzaty Away, 2017)

HUBUNGAN SIKLUS KEMOTERAPI DENGAN STATUS GIZI PASIEN KANKER PAYUDARA DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (NATASYA PUTRI, 2018)

GAMBARAN DERAJAT NYERI BERDASARKAN NUMERICAL RATING SCALE (NRS) PADA PASIEN KANKER PAYUDARA (Ade Putri Rinanda Ayoumi, 2014)

GAMBARAN TINGKAT STRESS PADA PASIEN KANKER PAYUDARA YANG MENJALANI KEMOTERAPI DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH BANDA ACEH (WARDHIAH, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy