//

PENGARUH APLIKASI EDIBLE COATING GELATIN KULIT IKAN TUNA DAN KITOSAN TERHADAP KARAKTERISTIK FISIKOKIMIA BUAH APEL POTONG (MALUS DOMESTICA)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Moeharridha - Personal Name

Abstrak/Catatan

Pertambahan jumlah penduduk menuntut tersedianya bahan pangan yang bisa memenuhi kebutuhan penduduk untuk kelangsungan hidupnya. Permintaan produk hortikultura cenderung terus meningkat, akan tetapi permasalahan mutu dan kualitas produk perlu menjadi perhatian mengingat sifat komoditas hortikultura yang mudah rusak dan busuk. Buah apel (Malus domestica) merupakan salah satu komoditas hortikultura yang memiliki masa simpan relatif singkat pada kondisi penyimpanan normal. Salah satu teknologi pasca panen yang dapat diterapkan untuk memperpanjang masa simpan buah apel yaitu pengaplikasian edible film dan edible coating. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristk film dan pengaruh edible coating gelatin kulit ikan tuna dan kitosan terhadap karakteristik fisikokimia buah apel potong (Malus domestica). Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) faktorial dengan 2 faktor dan 3 ulangan. Faktor pertama (rasio bahan coating) (R) terdiri dari 2 taraf yaitu R1 (3% gelatin : 1% kitosan) dan R2 (6% gelatin : 2% kitosan) sedangkan faktor kedua (lama waktu penyimpanan) (L) terdiri dari 3 taraf yaitu L1 (0 hari), L2 (5 hari) dan L3 (10 hari). Hasil analisis edible film gelatin-kitosan menunjukkan bahwa film RI menghasilkan film dengan permeabilitas uap air dan oksigen yang lebih rendah sekitar 40% dari film R2 dengan nilai ketebalan film R1 0,075 mm, permeabilitas uap air 0,730x10-16 kg.m/m2.s.Pa dan permeabilitas oksigen 0,149 ml.mm/cm2.s.cmH2O. Pada penelitian ini, sebagai edible coating terhadap buah apel potong konsentrasi coating R1 (gelatin 3%: kitosan 1%) muncul sebagai perlakuan terbaik dengan efek mempertahankan sifat fisik dan kimia buah yang diberi edible coating tidak berbeda jauh dengan R2 dan dari segi ekonomis lebih hemat dikarenakan jumlah bahan baku yang digunakan dalam pembuatan larutan edible coating lebih sedikit.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH KONSENTRASI KITOSAN DAN GLISEROL TERHADAP KARAKTERISTIK EDIBLE FILM DARI GELATIN KULIT IKAN TUNA (THUNNUS SP) (AMIRAH ULFAH, 2019)

REVIEW: KARAKTERISTIK EDIBLE FILM DAN EDIBLE COATING BERBASIS PATI DAN PEKTIN SERTA PENGAPLIKASIANNYA PADA BUAH-BUAHAN (SALSA MIFTADESVA, 2021)

KOMBINASI PATI JANENG-KITOSAN DENGAN BAHAN PENGAWET ALAMI KUNYIT DAN ASAM ASKORBAT SEBAGAI EDIBLE COATING (KHAIRANI, 2018)

PENGARUH JENIS GELATIN DARI KULIT DAN TULANG IKAN (LEUBIM (CANTHIDERMIS MACULATA) DAN NILA (OREOCHROMIS NILOTICUS)) SERTA KONSENTRASI GLISEROL DAN SORBITOL TERHADAP KARAKTERISTIK EDIBLE FILM (EVI HARDIANTI, 2017)

PENGARUH EDIBLE COATING DARI KITOSAN DENGAN KONSENTRASI BERBEDA TERHADAP KEUMAMAH SELAMA MASA PENYIMPANAN (, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy