//

PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN MONOPOLI KIMIA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI SMP NEGERI 2 LEMBAH SEULAWAH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang RAUDHATUL JANNAH - Personal Name

Abstrak/Catatan

Pengembangan Media Permainan Monopoli Kimia Pada Materi Pencemaran Lingkungan di SMP Negeri 2 Lembah Seulawah telah dilakukan dengan bertujuan untuk mengetahui bagaimana kelayakan pengembangan media serta tanggapan siswa dan guru terhadap media permainan monopoli kimia. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE, yaitu (1) Analysis, (2) Design, (3) Development, (4) Implementation, dan (5) Evaluation dengan pendekatan kualitatif. Uji coba penelitian dilakukan di SMP Negeri 2 Lembah Seulawah di kelas VIII-2 dengan jumlah siswa sebanyak 26 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar penilaian kelayakan media monopoli kimia serta angket tangket tanggapan guru dan siswa terhadap media monopoli kimia. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa pengembangan media permainan monopoli kimia yang dikembangkan memenuhi kriteria sangat layak dengan persentase 89,93%. Validasi produk dilakukan oleh 2 orang validator ahli media yaitu dosen Pendidikan Kimia Universitas Syiah Kuala. Tanggapan siswa dan guru terhadap media permainan monopoli yang dikembangkan sangat baik dengan skor rata-rata tanggapan siswa 90,85% dan tanggapan guru 100%. Dari deskripsi tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa media permainan monopoli kimia materi pencemaran lingkungan yang dikembangkan sudah layak digunakan sebagai media pembelajaran serta dapat diimplementasikan dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: Media Pembelajaran, permainan monopoli kimia

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

“PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MONOPOLI PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 4 BANDA ACEH” (DAVIRA PUTRI, 2019)

PENERAPAN MEDIA PERMAINAN MONOPOLI GEOGRAFI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS GEOGRAFI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 BANDA ACEH (meylisa mutia, 2013)

PENERAPAN PERMAINAN MONOPOLI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI EKOLOGI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMAN 1 KOTA JANTHO (MIFTAHUL JANNAH, 2019)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN ARENDS DENGAN MEDIA PERMAINAN MONOPOLI TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VII SMP NEGERI 9 BANDA ACEH (ZAITUN MUNAR, 2018)

PENGEMBANGAN BULETIN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA KONSEP PENCEMARAN LINGKUNGAN KELAS VII SMPN DI INDRAPURI (Nelva Rahmatul Fitri, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy