//

EVALUASI STATUS DAN KENDALA KESUBURAN TANAH PADA BERBAGAI TIPE PENGGUNAAN LAHAN KERING DI KECAMATAN BLANG BINTANG KABUPATEN ACEH BESA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang AYUNI WINAZIRA - Personal Name

Abstrak/Catatan

Lahan kering di Indonesia terutama di Aceh memiliki potensi yang sangat tinggi untuk pembangunan pertanian. Namun,umumnya lahan kering memiliki status kesuburan tanah rendah yang disebabkan oleh rendahnya kadar bahan organik tanah serta tingkat kemasaman tanah yang juga tinggi. Upaya yang dapat dilakukan agar lahan kering ini dapat dimanfaatkan secara optimal terutama sebagai sektor pertanian ialah dengan mengevaluasi status kesuburan tanahnya sehingga nantinya dapat diketahui cara pengelolaan yang tepat sesuai dengan kebutuhan tanaman. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif yang didasarkan pada hasil survai dan pengamatan di lapangan dan analisis laboratorium. Dilaksanakan mulai bulan Juni hingga Agustus 2020 di Kecamatan Blang Bintang Kabupaten Aceh Besar Provinsi Aceh serta analisis di Laboratorium Penelitian Tanah dan Tanaman untuk mengetahui nilai pH, C-ornaik, p-total, K-total,P tersedia, K-dd, Ca-dd, Mg-dd, Na-dd, Al-dd, KTK dan KB. Penelitian ini difokuskan pada beberapa tipe penggunaan lahan kering, yaitu hutan tanaman industri, semak belukar, semak hutan, kebun campuran, alang-alang, lahan terbuka dan tegalan/tanaman semusim. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat enam tipe penggunaan lahan dengan kriteria status kesuburan tanah rendah yaitu hutan tanaman industri, semak belukar, semak hutan, kebun campuran, alang-alang dan lahan terbuka. Sedangkan tegalan tergolong ke dalam kriteria dengan status kesuburan tanah sedang. Faktor penghambat yang menjadi kendala kesuburan tanah pada beberapa tipe penggunaan lahan kering di Kecamatan Blang Bintang yaitu rendahnya kandungan C-organik dan kejenuhan basa (KB) tanah. Selain itu, nilai pH tanah yang tergolong masam hingga agak masam juga menjadi salah satu kendala kesuburan tanah pada lahan kering Kecamatan Blang Bintang.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

EVALUASI KESESUAIAN LAHAN TANAMAN PALA ( MYRISTIKA FRAGRANS HOUTT ) DI KECAMATAN MEUKEK KABUPATEN ACEH SELATAN (Zulpazli, 2017)

KARAKTERISASI KIMIA TANAH DAN STATUS KESUBURAN TANAH PADA LAHAN KERING KABUPATEN PIDIE DAN BIREUEN (Maulia Rahmat Husni, 2016)

EVALUASI CADANGAN KARBON TANAH PADA BEBERAPA TIPE PENGGUNAAN LAHAN KERING DI KECAMATAN BLANG BINTANG KABUPATEN ACEH BESAR (Asmi Susanti, 2021)

ANALISIS PENYIMPANGAN LUAS LAHAN SAWAH IRIGASI SECARA SPASIAL DALAM BEBERAPA KECAMATAN DI KABUPATEN ACEH BESAR (Rahayu Ansya Fitri, 2017)

ESTIMASI POTENSI KARBON BIOMASSA PADA BEBERAPA TIPE PENGGUNAAN LAHAN DI KECAMATAN BLANG BINTANG KABUPATEN ACEH BESAR (Yosi Widya Yolanda, 2021)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy