PERBEDAAN KUALITAS TELUR AYAM RAS PETELUR COKELAT (HIBRIDA) YANG DIPELIHARA DIKANDANG CLOSED HOUSE DANOPEN HOUSE | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PERBEDAAN KUALITAS TELUR AYAM RAS PETELUR COKELAT (HIBRIDA) YANG DIPELIHARA DIKANDANG CLOSED HOUSE DANOPEN HOUSE


Pengarang

YOANA SUKMA - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1702101010139

Fakultas & Prodi

Fakultas Kedokteran Hewan / Pendidikan Kedokteran Hewan (S1) / PDDIKTI : 54261

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2021

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Kualitas telur adalah istilah umum yang mengacu pada beberapa standar untuk menentukan kualitas internal maupun eksternal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kualitas telur ayam ras petelur cokelat (hibrida) yang dipelihara di kandang Closed House dan Open House. Sampel yang digunakan sebanyak 160 butir telur yang terdiri dari 80 butir telur ayam ras yang dipelihara di kandang Closed House dan 80 butir telur ayam ras yang dipelihara di kandang Open House. Parameter yang diteliti dalam penelitian ini adalah berat telur, kantung udara, indeks kuning telur dan haugh unit. Analisa data yang digunakan adalah Analisa statistik deskriptif parametrik dengan penghitungan rata-rata, standar deviasi dan uji t-independent. Hasil penelitian yang diperoleh pada berat telur pada kandang Closed House adalah 66,42 ± 4,006 dan berat telur pada kandang Open House 66,04 ± 3,669, kantung udara pada telur ayam yang dipelihara di kandang Closed House adalah 0,52 ± 0,093 cm dan kantung udara pada telur ayam yang dipelihara di kandang Open House adalah 0,56 ± 0,078 cm, indeks kuning telur ayam ras yang dipelihara di kandang Closed House adalah 0,45 ± 0,038 dan indeks kuning telur ayam ras yang dipelihara di kandang Open House adalah 0,40 ± 0,044, haugh unit telur ayam ras yang dipelihara di kandang Closed House adalah 85,72 ± 8,889 dan haugh unit telur ayam ras yang dipelihara di kandang Open House adalah 76,17 ± 8,664. Dari hasil uji t-independent bahwa kualitas telur pada kandang Closed House dan Open House yang terdiri dari berat telur, kantung udara, indeks kuning telur dan haugh unit menunjukkan hasil yang berbeda tidak nyata pada taraf (?) 0,05. Dapat disimpulkan bahwa kualitas telur ayam ras petelur cokelat (hibrida) yang dipelihara di kandang Closed House memiliki perbedaan tidak nyata dengan kualitas telur ayam ras petelur cokelat (hibrida) yang dipelihara di kandang Open House.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK