//

KORELASI ANTARA KELEKATAN BERSAUDARA DENGAN PERILAKU ALTRUISME PADA SISWA SMA NEGERI 4 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang PUTRI NABILA PRATIWI - Personal Name

Abstrak/Catatan

Kelekatan bersaudara adalah ikatan emosional antara dua orang atau lebih sedangkan perilaku altruisme adalah perbuatan baik kepada orang lain tanpa pamrih. Dua hal ini ada dua faktor penting pada perkembangan perilaku manusia.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat dan hubungan antara kelekatan bersaudara dengan perilaku altruisme pada siswa SMA Negeri 4 Banda Aceh.Hipotesis pada penelitian ini adalah adanya hubungan antara perilaku bersaudara dengan perilaku altruisme.Penelitian ini menggunakan pendekatan Mix Methods dengan metode deskriptif korelasi dan Wawancara.Jumlah populasi pada siswa kelas 2 SMA Negeri 4 Banda Aceh berjumlah 268 siswa. Metode pengambilan sample menggunakan rumus slovinuntuk menunjukkan jumlah sampel siswa dengan taraf kesalahan (significance level) sebesar 10%, Maka dengan memasukkan rumus sampel yang didapat adalah 73 siswa. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah angket kelekatan bersaudara dan angket perilaku altruisme dalam bentuk skala likert. Hasil penelitian ini menunjukkan tingkat dominan perilaku bersaudara pada siswa SMA 4 Banda Aceh berada pada kategori tinggi dengan persentase 91,8% dan tingkat perilaku altruisme pada siswa SMA 4 Banda Aceh juga dominan pada kategori tinggi dengan persentase 84,9% hasil penelitian ini juga menunjukkan adanya hubungan yang signifikansi positif antara kelekatan bersaudara dengan perilaku altruisme dengan koefisien r = 0,571 dan p= 0.00 artinya semakin tinggi kelekatan bersaudara maka semakin tinggi pula perilaku altruisme. begitupun sebaliknya, apabila kelekatan bersaudara rendah maka perilaku altruisme juga rendah.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN ANTARA KELEKATAN ORANGTUA DENGAN HARGA DIRI PADA REMAJA YANG MELAKUKAN PERILAKU SEKSUAL PRANIKAH DI KOTA BANDA ACEH (Miranti Bahri, 2016)

HUBUNGAN ANTARA STEREOTIP “PIDIE KRIET” DENGAN ALTRUISME PADA MAHASISWA PIDIE (RUHUL AFLAH, 2019)

PERSEPSI SISWA TERHADAP PERILAKU ALTRUISME GURU DI SMA NEGERI KABUPATEN NAGAN RAYA (Murni, 2018)

HUBUNGAN KELEKATAN ORANGTUA PADA ANAK DENGAN NILAI-NILAI KARAKTER DASAR SISWA SMP NEGERI 3 KOTA BANDA ACEH (Hasnah Ratna Sari, 2017)

PENGARUH GAYA KELEKATAN ORANGTUA-ANAK TERHADAP PENYESUAIAN SOSIAL SISWA SMP NEGERI 18 BANDA ACEH (Suci Rahmadyanti, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy