//

MORFOMETRIK, MERISTIK DAN BIOLOGI REPRODUKSI IKAN KERAPU CEPHALOPHOLIS MINIATA DI PERAIRAN UTARA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ZULRAHMA ZHELFI - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Ikan kerapu merupakan salah satu komoditas perikanan penting di Indonesia. Namun demikian, data mengenai morfometrik, meristik dan biologi reproduksi ikan kerapu masih sangat terbatas. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis karakter morfometrik, meristik, dan aspek biologi reproduksi (tingkat kematangan gonad, indeks kematangan gonad dan fekunditas) ikan C. miniata. Penelitian ini dilakukan dari bulan Juni 2020 sampai Januari 2021. Sampel ikan C. miniata diperoleh dari hasil tangkapan nelayan di perairan utara Aceh yang didaratkan di Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Lampulo, Kecamatan Kuta Alam, Banda Aceh. Sampel yang didapatkan, dianalisis di Laboratorium Genetika dan Biodiversitas Akuatik, Fakultas Kelautan dan Perikanan, Universitas Syiah Kuala. Total sampel yang diamati selama penelitian ini sebanyak 184 ekor, dengan jumlah sampel ikan untuk pengukuran morfometrik tradisional, morfometrik truss networks, dan meristik sebanyak 60 ekor, analisis hubungan panjang dan berat, dan sebaran ukuran panjang sebanyak 184 ekor, analisis rasio kelamin, tingkat kematangan gonad (TKG), dan indeks kematangan gonad (IKG) sebanyak 183 ekor, analisis ukuran pertama kali matang gonad sebanyak 59 ekor, dan fekunditas sebanyak 54 ekor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa panjang total ikan C. miniata yang tertangkap di perairan utara Aceh, berkisar antara 75-295 mm (rata-rata 211±30 mm), dan belum mencapai ukuran maksimal dari panjang ikan C. miniata, dengan pola pertumbuhan bersifat allometrik negatif, dan didominasi oleh ikan yang berjenis kelamin betina. Tingkat kematangan gonad didominasi oleh TKG II, dengan puncak pemijahan terjadi di bulan Oktober. Nilai IKG ikan C. miniata berkisar antara 0,01-4,77%, dengan ukuran pertama kali matang gonad yaitu 205 mm TL. Fekunditas total yang dihasilkan ikan C. miniata berkisar antara 7.126-279.785 butir telur, dan fekunditas relatif berkisar antara 69-1.504 butir telur. Fekunditas yang dihasilkan oleh ikan C. miniata sangat dipengaruhi oleh berat gonad dibandingkan dengan ukuran panjang, dan berat tubuh ikan. Data dari penelitian ini dapat digunakan sebagai acuan untuk penelitian-penelitian selanjutnya. Kata kunci: Panjang, berat, rasio kelamin, TKG, IKG, gonad, dan fekunditas.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

MORFOMETRIK, MERISTIK DAN BIOLOGI REPRODUKSI IKAN KERAPU CEPHALOPHOLIS NIGRIPINNIS DI PERAIRAN UTARA ACEH (NIDYAH FANTARIH ROKA, 2021)

MORFOMETRIK, MERISTIK, DAN BIOREPRODUKSI IKAN KERAPU EPINEPHELUS MERRA DI PERAIRAN UTARA ACEH (AKMAL HANIF, 2021)

VARIASI MORFOMETRIK DAN MERISTIK IKAN BELANAK (MUGIL CEPHALUS) DI ESTUARIA SYIAH KUALA KOTA BANDA ACEH DAN KUALA GIGIENG ACEH BESAR (Khairunnisak, 2013)

MORFOMETRIK, MERISTIK DAN BIOREPRODUKSI IKAN KERAPU EPINEPHELUS FASCIATUS DI PERAIRAN UTARA ACEH (CUT SYARIFAH ZAHARA, 2021)

DNA BARCODING IKAN KERAPU FAMILI SERRANIDAE DI PROVINSI ACEH (Afrita Ida Utami, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy