ANALISIS EFISIENSI PENGGUNAAN FAKTOR-FAKTOR PRODUKSI PADA USAHATANI SELADA DI DESA TANJUNG SELAMAT KECAMATAN DARUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

ANALISIS EFISIENSI PENGGUNAAN FAKTOR-FAKTOR PRODUKSI PADA USAHATANI SELADA DI DESA TANJUNG SELAMAT KECAMATAN DARUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR


Pengarang

M.Nasir - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0051223055

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2021

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

M.Nasir dengan judul skripsi "Analisis Efisiensi Penggunan Faktor• Faktor Produksi Pada Usahatani Selada Di Desa Tanjung Selamat Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar". dengan pembimbing utama lbu Agustina Arida, SP, M. Si, dan pembimbing kedua Bapak Dr. Ir. Mustafa Usman. M. S.
Pada usahatani selada di Desa Tanjung Selamat belum diketahui apakah petani telah menggunakan faktor-faktor produksi secara efisien agar dapat memperoleh hasil yang optimum dan dapat memberi keuntungan yang maksimum.Dengan adanya efisiensi dalam faktor-faktor produksi akan menyebabkan adanya penekanan biaya upah faktor-faktor produksi sehingga usahatani selada dapat lebih berproduksi secara optimal. Akan tetapi selama ini penggunaan faktor-faktor produksi yang berlebihan telah menyebabkan produktivitas benih, pupuk Urea, NPK, Kandang, Pestisida dan tenaga kerja berkurang. akibatnya produksi secara keseluruhan akan rendah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor-faktor terhadap produksi selada dan melihat tingkat efisiensi penggunaan benih, Pupuk Urea, NPK, Kandang, pestisida dan tenaga kerja pada usahatani selada di Desa Tanjung Selamat Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar sehingga dapat memberikan pendapatan maksimum.
Penelitian ini dilakukan di Desa Tanjung Selamat Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini penulis menggunakan metode cacah lengkap (Total Sampling). Objek penclitian ini adalah usahatani selada yang diusahakan oleh petani di daerah tersebut.Ruang lingkup penelitian ini terbatas pada masalah faktor-faktor produksi, yaitu benih, pupuk Urea, NPK. Kandang, pestisida dan tenaga kerja akan mempengaruhi produksi selada dan melihat tingkat efisiensi. Populasi yang diteliti ini adalah semua petani selada di Desa Tanjung Selamat Kecamatan Darussal am Kabupaten Aceh Besar dengan jumlah 23 orang. Maka besarnya sampel yang diambil adalah 23 orang.
Hasil pengujian baik secara serempak maupun secara parsial bahwa, benih, pupuk Urea, NPK, Kandang, pestisida dan tenaga kerja berpengaruh nyata terhadap hasil produksi selada. Dan dari hasil uji efisiensi, menunjukkan bahwa penggunaan faktor produksi pupuk NPK yang sudah efisien, sedangkan penggunaan tenaga kerja tidak efisien, dan selebihnya yaitu benih, pupuk Urea, Kandang, dan pestisida belum efisien. Untuk meningkatkan produksi selada di daerah ini, perlu diperhatikan penggunaan sarana produksi yang sesuai dengan anjuran Dinas Pertanian. Dan untuk faktor tenaga kerja perlu dikurangi penggunaannya agar mencapai tingkat efisiensi,
untuk penggunaan benih, pupuk Urea, Kandang. dan pestisida perlu ditambah lagi penggunaannya agar mencapai tingkat efisiensi sehingga dapat memperoleh keuntungan maksimal.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK