//

DETEKSI LOGAM BERAT DALAM DAGING KERANG SUNGAI MENGGUNAKAN TEKNIK LASER-INDUCED BREAKDOWN SPECTROSCOPY (LIBS) SEBAGAI PREKURSOR PENCEMARAN LINGKUNGAN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nur Akmalia - Personal Name

Abstrak/Catatan

Telah dilakukan deteksi logam berat dalam daging kerang sungai menggunakan teknik Laser-Induced Breakdown Spectroscopy (LIBS) sebagai prekursor pencemaran lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik plasma yang dibangkitkan, kondisi eksperimen optimum serta kemampuan teknik LIBS untuk mendeteksi logam berat, seperti unsur Pb, Cu, Al, Zn, Mn, Hg, Fe, Cd, dan As pada sampel daging kerang sungai. Plasma dihasilkan dengan pemfokusan berkas laser terpulsa Nd:YAG dengan panjang gelombang 1.064 nm pada permukaan sampel menggunakan lensa dengan panjang fokus, f = 155 mm. Plasma dibangkitkan dalam lingkungan udara pada tekanan 1 atm (760 Torr). Emisi plasma dideteksi menggunakan sistem detektor optik kanal banyak (optical multichannel analyzer, OMA) dengan waktu tunda 100 ns dan lebar pulsa 50 µs. Plasma dikarakterisasi dengan suhu dan rapat elektron menggunakan metode Plot Boltzmann dan Saha Boltzmann. Garis emisi yang digunakan adalah garis emisi Mangan (Mn). Sampel daging kerang yang diuji dalam penelitian ini meliputi sampel kerang segar, sampel kerang pelet, sampel yang ditambahkan unsur logam berat (Pb, Mn, Zn, Al dan Cu) masing-masing 1%, serta sampel dengan variasi Cu 0.35%, 0.75%, 1.25% dan 5%. Hasil estimasi suhu plasma dari sampel daging kerang berkisar 5892.385 K-25351.7 K dan rapat elektron berkisar 4.76 x 1019 cm-3 – 6.70x1021cm-3. Pengujian membuktikan bahwa plasma daging kerang berada dalam local thermodynamics equilibrium (LTE). Teknik LIBS mampu mendeteksi kehadiran unsur logam berat dalam daging kerang, yaitu unsur Zn, Fe, Pb, Mn, Al, Cd dan Cu. Hasil ini menguatkan bahwa pengukuran dengan LIBS dapat dijadikan sebagai prekursor pencemaran sungai akibat penambangan liar. Kata kunci: Laser-Induced Breakdown Spectroscopy (LIBS), Daging kerang, pencemaran logam berat, suhu plasma, densitas elektron, penambangan liar.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

DETEKSI LOGAM BERAT PADA CANGKANG KERANG SUNGAI DI KECAMATAN PANGA ACEH JAYA MENGGUNAKAN METODE LASER INDUCED BREAKDOWN SPECTROSCOPY (LIBS) (irwansyah, 2019)

DETEKSI UNSUR GARAM DALAM TANAH TSUNAMI ACEH MENGGUNAKAN TEKNIK LASER INDUCED BREAKDOWN SPECTROSCOPY KOMERSIAL (Viky Lastari, 2015)

DETEKSI LOGAM BERAT (CR, ZN DAN PB) DALAM TANAH TERDAMPAK TSUNAMI DI ACEH SETELAH 10 TAHUN TSUNAMI MENGGUNAKAN TEKNIK LIBS (arlin maya sari, 2015)

ESTIMASI SUHU DAN RAPAT ELEKTRON PLASMA DENGAN LASER INDUCED BREAKDOWN SPECTROSCOPY (LIBS) MENGGUNAKAN GARIS EMISI HIDROGEN PADA CANGKANG KERANG SUNGAI (Devi Susilayani, 2018)

ESTIMASI SUHU DAN DENSITAS ELEKTRON PLASMA DAGING KERAN POKEA MENGGUNAKAN GARIS-GARIS EMISI HIDROGEN (H) DALAM LASER INDUCED BREAKDOWN SPECTROSCOPY (Yenni Asrida, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy