//

ANALISIS EFISIENSI PENGGUNAAN FAKTOR PRODUKSI KOPI ARABIKA ORGANIK BERSERTIFIKAT DI KECAMATAN PEGASING KABUPATEN ACEH TENGAH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Hikmah - Personal Name

Abstrak/Catatan

Hikmah, dengan judul skripsi "Analisis Efisiensi Penggunaan Faktor Produksi Kopi Arabika Organik Bersertifikat di Kecamatan Pegasing Kabupaten Aceh Tengah". Dengan Pembimbing utama Bapak Ir. Azhar A. Gani, M.Sc dan Pembimbing kedua Bapak Dr.Ir. Mustafa Usman, M.S. Permasalan dalam penelitian ini adalah (1) apakah faktor-faktor luas lahan. tenaga kerja, jumlah bibit, dan pupuk kandang, dapat mempengaruhi tingkat produksi kopi arabika organik bersertifikat di Kecamatan Pegasing Kabupaten Aceh Tengah? (2) apakah penggunaan tenaga kerja, jumlah bibit, dan pupuk kandang pada usahatani kopi arabika organik bersertifikat di Kecamatan Pegasing Kabupaten Aceh Tengah telah efisien? Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui dan menganalisis luas lahan, tenaga kerja, jumlah bibit, dan pupuk kandang dapat mempengaruhi produksi kopi organik bersertifikat di Kecamatan Pegasing Kabupaten Aceh Tengah. (2) untuk mengetahui tingkat efisiensi penggunaan tenaga kerja, jumlah bibit, dan pupuk kandang pada usahatani kopi arabika organik bersertifikat di Kecamatan Pegasing Kabupaten Aceh Tengah. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh petani yang mengusahakan kopi arabika organik bersertifikat, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei. Penentuan desa sampel dilakukan dengan cara purposive sampling, dan pengambilan sampel dilakukan secara simple random sampling. Ini dilakukan karena sampel bersifat homogen yaitu petani kopi yang mengusahakan usahatani kopi organik yang bersertifikat. Analisis fungsi produksi menggunakan peralatan fungsi produksi Cobb Douglas dan efisiensi produksi. Berdasarkan analisis fungsi produksi Cobb Douglas yang telah ditransformasikan ke dalam bentuk regresi berganda hasil pengujian analisis secara serempak faktor-faktor produksi luas lahan, tenaga kerja, jumlah bibit, dan pupuk kandang berpengaruh nyata terhadap peningkatan produksi kopi arabika organik bersertifikat, namun secara parsial pupuk kandang tidak berpengaruh nyata dalam peningkatan produksi. Hasil analisis efisiensi menunjukkan penggunaan faktor produksi tenaga kerja, jumlah bibit dan pupuk kandang pada usahatani kopi arabika organik bersertifikat di daerah penelitian belum efisien sehingga untuk mencapai efisien maka perlu ditambah lagi penggunaan input sebesar 20.34 HKP/Ha untuk faktor produksi tenaga kerja, untuk penggunaan input jumlah bibit agar keuntungan optimum dapat diperoleh maka penggunaannya perlu ditambah sebesar 7.249 batang/ha. Sedangkan untuk faktor produksi pupuk kandang ditambah sebesar 2.311 kg/ha, agar keuntungan makmimum dapat diperoleh oleh petani di daerah .penelitian Koefisien determinasi (R2) adalah sebesar 0,993, Angka ini menunjukkan berarti bahwa variabel-variabel independen (X1,X2, X3, X4) secara bersama-sama mampu menjclaskan terhadap variabel dependen (Y) sebesar 99.30 %, sedangkan selebihnya scbesar 0,7 % lagi dijelaskan oleh variabel lain yang ada di luar model.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

DAMPAK PENURUNAN HARGA KOPI TERHADAP PENDAPATAN USAHATANI KOPI ARABIKA DI KECAMATAN PEGASING KABUPATEN ACEH TENGAH (HAIRANI FITRI, 2020)

PERSEPSI PETANI KOPI ARABIKA TERHADAP PROGRAM SERTIFIKASI ORGANIK DI KECAMATAN ATU LINTANG KABUPATEN ACEH TENGAH (Achmad Rizki, 2017)

TINGKAT SERANGAN HAMA PENGGEREK BUAH KOPI (HYPOTHENEMUS HAMPEI) PADA TANAMAN KOPI ARABIKA ORGANIK DAN ANORGANIK DI KABUPATEN ACEH TENGAH (Elka Mulyadi, 2019)

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI HARGA JUAL KOPI ARABIKA ORGANIK DI TINGKAT PETANI DI KECAMATAN KUTE PANANG KABUPATEN ACEH TENGAH (Irwan Hadi Putra Yuswar, 2020)

ANALISIS EFISIENSI PENGGUNAAN FAKTOR-FAKTOR PRODUKSI KOPI ARABIKA PADA BERBAGAI KETINGGIAN TEMPAT DI KABUPATEN ACEH TENGAH (Fuadi, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy