//

EFEKTIVITAS TEKNIK KONSELING MENULIS EKSPRESIF UNTUK MEREDUKSI MOTIF AGRESI SISWA MAN 4 ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang NURUL RAHMI - Personal Name

Abstrak/Catatan

Motif agresi merupakan suatu penggerak timbulnya perilaku-perilaku agresi yang dilakukan oleh individu. Penelitian ini berjudul “Efektivitas Teknik Konseling Menulis Ekspresif untuk Mereduksi Motif Agresi Siswa MAN 4 Aceh Besar”. Tujuan penelitian untuk melihat ada tidaknya penurunan tingkat motif agresi yang signifikan setelah diberikan teknik konseling menulis ekspresif. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif, dalam bentuk pre-ekspreriment, one grup pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 2 MAN 4 Aceh Besar yang memiliki tingkat motif agresi yang tinggi. Sampel yang diperoleh berjumlah 11 orang yang memiliki tingkat motif agresi yang tinggi. Penarikan sampel dilakukan secara random sampling. Pengumpulan data menggunakan angket dengan skala 1-5. Analisis statistik menggunakan paired sample t-test. Hasil analisis data menunjukkan bahwa teknik konseling menulis ekspresif memiliki efektivitas untuk mereduksi motif agresi siswa MAN 4 Aceh Besar. Sebelum diberikan (pretest) skor motif agresi 179.64 dan skor setelah diberikan (posttest) adalah 104.55. Tingkat motif agresi siswa mengalami penurunan yang signifikan setelah diberikan teknik konseling menulis ekspresif. Hasil uji statistik paired sample t-test didapati bahwa mean untuk pretest >posttest adalah 179.64 > 104.55, sedangkan untuk nilai t_hitung sebesar 10.621 dan t_tabel (0.05;11) sebesar 2.228 oleh karena t_hitung>t_tabel artinya terdapat penurunan yang signifikan pada tingkat motif agresi siswa MAN 4 Aceh Besar yang mempunyai tingkat motif agresi yang tinggi setelah diberikan teknik konseling menulis ekspresif.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN IKLIM SEKOLAH DENGAN KECENDERUNGAN AGRESI PADA SISWA (Yani Hardiyanti, 2019)

EFEKTIVITAS LAYANAN KONSELING KELOMPOK DALAM MEREDUKSI PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA DI SMA NEGERI 1 INGIN JAYA (Abdul Haris, 2017)

TINDAK TUTUR EKSPRESIF DALAM NOVEL SANG KOMBATAN KARYA MUSA AM (Elfiyani, 2020)

HUBUNGAN PENGASUHAN ORANG TUA DENGAN MOTIF AFILIASI PADA REMAJA DI SMP NEGERI 6 BANDA ACEH (DILLA TASLIA, 2015)

PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 DARUL IMARAH, ACEH BESAR (Fitria Cikita, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy