RENTABILITAS USAHA PEMBUATAN PUPUK GUANO DI DESA PAROY KECAMATAN LHOONG KABUPATEN ACEH BESAR | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

RENTABILITAS USAHA PEMBUATAN PUPUK GUANO DI DESA PAROY KECAMATAN LHOONG KABUPATEN ACEH BESAR


Pengarang

Zulfandi Herliansyah - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0305102010127

Fakultas & Prodi

Fakultas Pertanian / Agribisnis (S1) / PDDIKTI : 54201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2021

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Zulfandi Herliansyah dengan judul "Rentabilitas Usaha Pembuatan Pupuk Guano di Desa Paroy Kecamatan Lhoong Kabupaten Aceh Besar" dengan pembimbing utama Bapak Ir. Edy Marsudi, M.Si dan pembimbing kedua Bapak Dr. Ir. Agussabti, M.Si.
Rentabilitas adalah kemampuan suatu perusahaan dalam menggunakan seluruh modal untuk menghasilkan laba yang dinyatakan dalam satuan persen. Semakin besar nilai rentabilitas yang diperoleh menunjukkan semakin besar pula kemampuan perusahaan untuk menghasilkan laba.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat rentabilitas yang diperoleh usaha pembuatan pupuk guano oleh CV. Paroy Indah Jaya jika dibandingkan dengan tingkat suku bunga pinjaman bank. Tingkat suku bunga pinjaman bank yang digunakan pada penelitian ini adalah sebesar 18 % per tahun atau scbesar 1,5 % per bulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat rentabilitas yang diperoleh CV. Paroy Indah Jaya adalah lebih besar dari tingkat suku bunga pinjaman bank. Besarnya persentase tingkat rentabilitas tersebut adalah 40,5 % per bulan. ltu berarti bahwa kemampuan dari seluruh modal selama proses produksi berlangsung telah memberikan keuntungan rata-rata per bulan sebesar 40,5 % dari setiap 100 % modal yang dikeluarkan. Dengan demikian hipotesis atas usaha tersebut yang menyatakan bahwa tingkat rentabilitas yang diperoleh CV. Paroy Indah Jaya lebih besar dari tingkat suku bunga pinjaman bank dapat diterima, sehingga dapat dinyatakan bahwa usaha tersebut layak untuk terus dijalankan.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK