PENGARUH MODEL GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA SUB TEMA KEINDAHAN ALAM NEGERIKU DI KELAS IV SD NEGERI 16 BANDA ACEH” | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENGARUH MODEL GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA SUB TEMA KEINDAHAN ALAM NEGERIKU DI KELAS IV SD NEGERI 16 BANDA ACEH”


Pengarang

maya safrika - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1006104040123

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) / PDDIKTI : 86206

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2014

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.37

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Kata Kunci : Model Group investigation, Hasil Belajar, Keindahan Alam Negeriku
Penelitian yang berjudul “Pengaruh Model Group investigation Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Sub Tema Keindahan Alam Negeriku di Kelas IV SD Negeri 16 Banda Aceh”, dengan rumusan masalah bagaimanakah pengaruh model group investigationterhadap hasil belajar siswa pada sub tema keindahan alam negeriku kelas IV SD Negeri 16 Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh hasil belajar siswa kelas kelas IV SD Negeri 16 Banda Aceh dengan menggunakan model Group investigation pada Sub Tema Keindahan Alam Negeriku. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SD Negeri 16 Banda Aceh 389 siswa, yang menjadi sampel adalah siswa kelas IVa yang berjumlah 33 orang siswa dan siswa kelas IVb berjumlah 31 orang siswa. Penelitian ini digolongkan sebagai penelitian eksperimen murni dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data pada penelitian ini yaitu member pemberian tes yang berbentuk pilihan ganda. Data diolah dengan menggunakan rumus statistik uji-t pada taraf signifikan ?= 0.05, diperoleh thitung > ttabel yaitu 4,46 >1,67 maka dinyatakan Ho ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa “ Penggunaan model pembelajaran Group investigation dapat mempengaruhi hasil belajar siswa pada Sub Tema Keindahan Alam Negeriku pada siswa kelas IV SD Negeri 16 Banda Aceh” dapat diterima.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK