//

KAJIAN PENGEMBANGAN KOMODITI PERKEBUNAN UNGGULAN DAERAH DI KABUPATEN PIDIE JAYA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MURSYIDAH - Personal Name

Abstrak/Catatan

Permasalahan yang terdapat dalam penelitian ini adalah komoditas perkebunan apa saja yang dapat menjadi unggulan daerah di Kabupaten Pidie Jaya. Tujuan penelitian adalah untuk mengidentifikasikan komoditas-komoditas perkebunan yang dapat menjadi unggulan daerah di Kabupaten Pidie Jaya dan mengidentifikasi permasalahan yang dihadapi dalam pengembangan komoditas unggulan daerah di Kabupaten Pidie Jaya Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah non probability sampling atau menggunakan metode purposive sampling. Responden dipilih secara sengaja dengan pertimbangan respoden tersebut merupakan pihak-pihak yang memiliki kontribusi besar dalam perumusan dan pelaksanaan pengembangan agribisnis komoditas andalan daerah di Kabupaten Pidie Jaya. Pihak-pihak yang dimaksudkan dalam penelitian ini tcrdiri dari : pihak Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Pidi Jaya, pihak Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Pidie Jaya diwakili oleh Kepala Bidang Data Statistik, pihak Asosiasi Kakao Pidie Jaya, petani-petani di Kabupaten Pidie Jaya, pedagang komoditas-komuditas unggulan dan koperasi-koperasi, dengan pertimbangan sebagai pihak yang terlibat dalam pembentukan kondisi suasana iklim industri dalam mengembangkan komuditas unggulan daerah di Kabupaten Pidie Jaya. Hasil penelitian menunjukkan berdasarkan perhitungan nilai LQ sebagai indikator penentuan komoditas perkebunan unggulan daerah dalam penelitian ini maka komoditas perkebunan yang menjadi komoditas unggulan daerah di Kabupaten Pidie Jaya, yaitu: Kakao, Kelapa, Randu, Sagu dan Pinang. Berdasarkan hasil perhitungan nilai LQ dengan membandingkan rata-rata produksi komoditas perkebunan antara Kabupaten Pidie Jaya dan Provinsi Aceh menunjukkan bahwa Kakao, Kelap, Randu, Sagu, dan Pinang memiliki nilai LQ lebih besar dari satu (LQ> D). Nilai LQ lebih besar dari satu mengindikasikan bahwa komoditas-komoditas perkebunan tersebut terkonsentrasi secara relatif pengusahaannya di Kabupaten Pidie Jaya. Permasalahan utama dalam mengembangkan komoditas perkebunan unggulan daerah di Kabupaten Pidie Jaya, yaitu (I) produksi dan prodikfitas per hektar masih rendah, (2) mutu hasil rendah, (3) transportasi mahal, dan (4) terjadinya fluktuasi harga

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

STRATEGI PENGEMBANGAN EKONOMI MASYARAKAT BERDASARKAN KOMODITI UNGGULAN DI KABUPATEN PIDIE JAYA (Nuzulul Fahmi, 2021)

ANALISIS KOMODITI UNGGULAN TANAMAN HORTIKULTURA DAN KONTRIBUSINYA TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI KABUPATEN ACEH TENGAH (Arini Rezeki, 2015)

ANALISIS KONTRIBUSI SUBSEKTOR PERKEBUNAN TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI PROVINSI SUMATERA UTARA (FAUZIAH RAMADHANI, 2021)

PEMETAAN SENTRA PRODUKSI KOMODITI ANDALAN PERKEBUNAN RAKYAT DI PROVINSI NANGGROE ACEH DARUSSALAM (Muhammad Furqan, 2020)

PEMETAAN KOMODITAS ANDALAN PERKEBUNAN RAKYAT DI KABUPATEN PIDIE (Maizatur Rahmi, 2021)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy