t sat, yang berarti luas lahan dan biaya produksi berpengaruh nyata terhadap pendapatan usahatani padi sawah hibrida Arize Hibrindo R-I dapat diterima. Sedangkan ta Ky < ta, ini berarti tenaga kerja tidak berpengaruh nyata terhadap pendapatan usahatani padi sawah hibrida Arize Hibrindo R-I tidak dapat diterima.Hasil pengujian secara serempak dilakukan dengan uji F diperoleh F a sebesar 219,95 dan F asa sebesar 2,92 dengan perkataan lain F a> F a. Ini berarti bahwa luas lahan, biaya produksi dan tenaga kerja berpengaruh nyata terhadap pendapatan usahatani padi sawah hibrida Arize Hibrindo R-I secara serempak. I " /> //

PENGARUH FAKTOR PRODUKSI LUAS LAHAN,BIAYA PRODUKSI DAN TENAGA KERJA TERHADAP PENDAPATAN USAHATANI PADI SAWAH HIBRIDA ARIZE HIBRINDOR-1 DI KECAMATAN KUTA BARO ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Mahyuddin - Personal Name

Abstrak/Catatan

MAHYUDDIN ,"Pengaruh Faktor Produksi Luas Lahan,Biaya Produksi dan Tenaga Kerja Terhadap Pendapatan Usahatani Padi Sawah Hibrida Arize Hibrindo R-I di Kecamatan Kuta Baro Aceh Besar" pembimbing Ir. Irwan A. Kadir, M.P sebagai pembimbing utama dan Dr. Ir. Mustafa Usman, M.S sebagai pembimbing kedua.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor produksi luas lahan, biaya produksi dan tenaga kerja terhadap pendapatan usahatani padi sawah hibrida Arize Hibrindo R-I di Kecamatan Kuta Baro Kabupaten Aceh Besar. Metode yang digunakan adalah metode survey dengan mewawancarai (pengisian Questioner) 34 petani sampel yang mengusahakan usahatani padi sawah hibrida Arize Hibrindo R-I yang ada di Kecamatan Kuta Baro Aceh Besar.Hasil analisis karakteristik petani sampel menunjukkan bahwa umur rata-rata petani 40,85 tahun dengan tingkat pendidikan rata-rata 8,68 tahun, rata-rata pengalaman bertani 20,03 tahun dan rata-rata jumlah tanggungan 3 orang setiap keluarga.Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan hasil analisis yang diperoleh := 222.504 + 14.880.598 X -0,4092 X,- 10.741X R= 0,9565 Dar1 hasil penelitian menunjukkan bahwa koefisien determinasi (R') 95,65 % variasi pendapatan usahatani padi sawah hibrida Arize Hibrindo R-I dapat dijelaskan oleh variabel luas lahan (X), biaya produksi (K) dan tenaga kerja (X). Sedangkan sisanya 4,35 % ditentukan oleh variabel lain di luar variabel yang diteliti.Hasil pengujian secara parsial atau pengaruh terhadap masing-masing variabel yang diteliti terhadap pendapatan usahatani padi sawah hibrida Arize Hibrindo R-1 dilakukan dengan uji "t" hasil uji tersebut menunjukkan nilai 'X=8,51, X = } 1,82] dan Xj =1- 0,98], nilai t %asa (0,05) = 1,70 dengan ini dapat ditentukan bahwa t a X dan X > t sat, yang berarti luas lahan dan biaya produksi berpengaruh nyata terhadap pendapatan usahatani padi sawah hibrida Arize Hibrindo R-I dapat diterima. Sedangkan ta Ky < ta, ini berarti tenaga kerja tidak berpengaruh nyata terhadap pendapatan usahatani padi sawah hibrida Arize Hibrindo R-I tidak dapat diterima.Hasil pengujian secara serempak dilakukan dengan uji F diperoleh F a sebesar 219,95 dan F asa sebesar 2,92 dengan perkataan lain F a> F a. Ini berarti bahwa luas lahan, biaya produksi dan tenaga kerja berpengaruh nyata terhadap pendapatan usahatani padi sawah hibrida Arize Hibrindo R-I secara serempak. I

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

BEBERAPA FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN USAHATANI PADI SAWAH DI DESA TANJUNG HAGU KECAMATAN PEUKAN BARO KABUPATEN PIDIE (Sri Wahyuni Mursinah, 2020)

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI CURAHAN WAKTU TENAGA KERJA PEREMPUAN PADA LAHAN USAHATANI PADI SAWAH DI KECAMATAN KUTA BARO KABUPATEN ACEH BESAR (FITRI YANI, 2020)

STUDI PERBANDINGAN PENDAPATAN USAHATANI PADI SAWAH IRIGASI DAN TADAH HUJAN DI KECAMATAN KUTA BARO KABUPATEN ACEHBESAR (Salman, 2021)

ANALISIS KOMPARATIF PRODUKSI DAN PENDAPATAN USAHATANI PADI SAWAH PADA LAHAN BERIGASI TEKNIS DAN SETENGAH TEKNIS DI DESA SANGGET KECAMATAN GEULUMPANG BARO KABUPATEN PIDIE (Siswardi, 2020)

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKSI DAN PENDAPATAN USAHATANI PADI SAWAH DI KECAMATAN MEUREUDU (Muhammad Syafwan, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy