//

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINKTALK-WRITE(TTW) PADA MATERI ARITMATIKA SOSIALSISWA KELAS VII SMP NEGERI 10 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nairuz Hanifah - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
STUDENTS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

Model pembelajaran kooperatif mengutamakan kerja sama dalam menyelesaikan permasalahan untuk menerapkan pengetahuan keterampilan dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran. Salah satu yang termasuk model pembelajaran kooperatif adalah Model Think-Talk-Write ( TTW ). Dengan menerapkan model pembelajaran diharapkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran matematika mencapai keberhasilan belajar. Oleh karena itu penulis tertarik untuk mengadakan penelitian dengan judul ” Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Talk-Write (TTW) pada materi Aritmatika Sosial di Kelas VII SMP Negeri 10 Banda Aceh ”. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah siswa dapat mencapai keberhasilan belajar pada materi aritmatika sosial melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Talk-Write (TTW) di kelas VII SMP Negeri 10 Banda Aceh?”, dengan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keberhasilan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Talk-Write ( TTW ) pada materi aritmatika sosial di kelas VII SMP Negeri 10 Banda Aceh. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain one-shot case study (pre-eksperimen) dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 10 Banda Aceh yaitu sebanyak 7 kelas. Dari populasi tersebut yang menjadi sampel hanya satu kelas saja yaitu kelas VII-2 sebanyak 26 siswa, penentuan sampel dilakukan secara Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes, observasi kemampuan guru mengelola pembelajaran, observasi aktivitas siswa dan angket respon siswa. Data yang diperoleh dianalisi dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Talk-Write (TTW) siswa dapat mencapai keberhasilan belajar pada materi aritmatika sosial di kelas VII SMP Negeri 10 Banda Aceh.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL RNDI KELAS VII SMP NEGERI 3 BANDA ACEH (Fazaliana, 2014)

HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING PADA MATERI BARISAN DAN DERET ARITMATIKA KELAS X SMA NEGERI 11 BANDA ACEH (Heriyansyah Putra, 2015)

HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE THINK-TALK-WRITE (TTW) PADA MATERI STATISTIKA DI KELAS X SMA N 16 BANDA ACEH (CUT WANTI MEGASARI, 2016)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPERNNUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA MATERI RNKPK DAN FPB DI KELAS V SD NEGERI 71RN BANDA ACEH (Masyita, 2014)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATERI PERKALIAN BILANGAN DI KELAS IV SD NEGERI 69 BANDA ACEH (maya masyittah, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy